Sembelih 39 Ekor Hewan Kurban, Warga Kodam Udayana Bagikan 1.620 Kantong Daging Kurban

Sembelih 39 Ekor Hewan Kurban, Warga Kodam Udayana Bagikan 1.620 Kantong Daging Kurban

Penyerahan secara simbolis heran kurban oleh Pangdam Udayana kepada Ketua Panitia Ibadah Kurban Masjid Agung Sudirman. (Foto: ist.)

Denpasar (Penabali.com) – Pangdam IX/Udayana secara simbolis menyerahkan secara simbolis hewan kurban kepada Ketua Panitia Ibadah Kurban Masjid Agung Sudirman, bertempat di Lingkungan Asrama Sudirman, Denpasar, Rabu (21/7/2021).

Dalam peringatan Hari Raya Idul Adha 1442 H/2021 M bertepatan dengan tanggal 11 Dzulhijjah 1442 H, warga Kodam IX/Udayana melaksanakan ibadah kurban dengan menyembelih 39 ekor hewan kurban.

Pada kesempatan tersebut, Pangdam Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., menyampaikan Selamat Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah sekaligus mohon maaf lahir dan bathin kepada seluruh umat Islam.

“Ditengah kondisi Covid-19 ini, mari kita harus selalu mengucapkan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena sampai saat ini kita masih diberikan kesehatan. Terkait ibadah kurban yang dirayakan setiap satu tahun sekali, kalau kita melihat maknanya adalah mengingatkan kembali, tapi perjalanan sehari-harinya jangan kita menunggu tahun depan kembali. Dimana kalau kita memang ada rejeki, teruslah kita berbagi,” tutur Pangdam.

“Dihadapkan pada situasi saat ini juga, banyak saudara-saudara kita yang sangat memerlukan bantuan dan mudah-mudahan apa yang kita kerjakan ini dapat sedikit bermanfaat serta mungkin kedepan kita ada program-program lagi supaya bisa lebih spesifik ke masyarakat,” jelas Pangdam menambahkan.

Kedepan ujar Pangdam, Kodam Udayana bisa terus berkontribusi positif bagi masyarakat khususnya program-program kerja yang menyentuh langsung kebutuhan masyarakat. Salah satunya tentang air bersih yang sampai saat ini masih terus berjalan dan di Bali khususnya sudah ada 9 titik. Dimana masyarakat yang dulunya jauh untuk mengambil air dan bahkan harus membeli, sekarang tidak perlu lagi membeli dan bisa lebih mudah untuk mendapatkan air bersih.

Selaku Ketua Panitia Ibadah Kurban Masjid Agung Sudirman, Mayor Inf. H. Nur Hidayat, S.Ag., melaporkan bahwa Panitia Kurban yang terlibat dalam pelaksanaannya berpedoman pada Protokol Kesehatan (Prokes) yang ketat.

Untuk penerimaan hewan Kurban dilaksanakan selama 3 hari yaitu mulai tanggal 17 sampai 19 Juli 2021 dengan hasil 9 ekor sapi dan kambing sebanyak 30 ekor yang nantinya akan disalurkan sebanyak 1.620 kantong daging kepada warga msyarakat Lingkungan Asrama Sudirman dan sekitarnya serta ke yayasan atau panti asuhan.

Dalam teknis pemotongan dan penyaluran hewan kurban tetap menerapkan Prokes yaitu menggunakan masker, pembatasan masyarakat yang hadir khusus panitia saja, dan untuk penyaluran daging kurban akan diantar langsung oleh panitia, baik kepada masyarakat maupun panti asuhan yang telah terdaftar.

Turut hadir dalam acara tersebut diantaranya Kasdam IX/Udayana, Irdam Udayana, Kapoksahli Pangdam Udayana, Danrem 163/Wira Satya, Asrendam Udayana, para Asisten Kasdam Udayana, Ketua dan Pengurus Persit KCK PD Udayana serta perwakilan para Dan/Kabalakdam IX/Udayana. (Pendam IX/Udayana)

Bagikan berita ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *