Siapkan 500 Liter Cairan Desinfektan, Satgas Covid-19 Kalika dan Pecalang Bala Jaya “Semprot” Lingkungan Banjar

Siapkan 500 Liter Cairan Desinfektan, Satgas Covid-19 Kalika dan Pecalang Bala Jaya “Semprot” Lingkungan Banjar

Foto: Satgas Gotong Royong Penanganan Covid-19 Banjar Kaliungu Kaja dan Pecalang Bala Jaya di depan banjar setempat usai melakukan penyemprotan desinfektan, Jumat (01/05/2020).

Satgas Gotong Royong Penanganan Covid-19 Banjar Kaliungu Kaja, Desa Dangun Puri Kaja, Kecamatan Denpasar Utara bersama Pecalang Bala Jaya, kembali melakukan penyemprotan desinfektan di wilayah banjar setempat, Jumat (01/05/2020).

Bakti sosial sebagai wujud ngayah dari satgas dan pecalang Banjar Kaliungu Kaja ini, bertujuan untuk memutus rantai virus corona (covid-19) agar tidak makin meluas penyebarannya.

“Aksi ini kami rutin lakukan sejak Maret lalu sebagai upaya pencegahan covid-19,” ujar Ketua Satgas Gotong Royong Penanganan Covid-19 Banjar Kaliungu Kaja, Made Suadna, sesaat sebelum penyemprotan dilakukan.

Ia menjelaskan, dalam penyemprotan kali ini disiapkan sekitar 500 liter cairan desinfektan. Sebelum dilakukan penyemprotan, satgas dan pecalang dibantu krama banjar terlebih dulu membuat campurannya. Setelah tercampur, cairan desinfektan ini juga dibagi-bagikan kepada warga banjar agar mereka melakukan penyemprotan secara mandiri di rumah masing-masing.

“Tak hanya menyemprot. Kami juga ingin membangkitkan kesadaran masyarakat agar tetap disiplin menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Terpenting juga patuhi anjuran pemerintah, pakai masker kalau terpaksa ke luar rumah,” pesannya.

Dengan menggunakan mobil dan pompa, Satgas Gotong Royong Penanganan Covid-19 Banjar Kaliungu Kaja bersama Pecalang Bala Jaya dengan sigap menyemprotkan desinfektan menyusuri seluruh wilayah lingkungan banjar setempat.

“Selain jalan utama yang melintasi wilayah kami, penyemprotan juga kami lakukan ke lingkungan gang dan rumah-rumah. Kami ingin lingkungan Banjar Kaliungu Kaja bebas dari covid-19,” harapnya.

Kegiatan penyemprotan desinfektan yang dilakukan Banjar Kaliungu Kaja sudah dilakukan tanggal 28 Maret lalu. Kemudian berlanjut pada 5 April dan tanggal 1 Mei 2020.

Salah seorang anggota Satgas Gotong Royong Penanganan Covid-19 Banjar Kaliungu Kaja, Made Mudarta, menerangkan selain penyemprotan desinfektan, satgas bersama pecalang Bala Jaya juga melakukan edukasi kepada warga banjar dan turun ke rumah-rumah kos di wilayah Banjar Kaliungu Kaja untuk memberikan pemahaman pentingnya meningkatkan kewaspadaan terhadap wabah virus corona ini, dengan disiplin mematuhi himbuan pemerintah seperti menerapkan social dan physical distancing.

“Kami juga memasang banner himbauan agar warga melindungi diri dan keluarga dari bahaya covid-19,” kata Mudarta yang juga seorang tenaga pendidik di salah satu SMA swasta ternama di Kota Denpasar.

Menyikapi tingginya angka kasus positif covid-19 di Kota Denpasar, Mudarta mengatakan Satgas Gotong Royong Penanganan Covid-19 dan pecalang Bala Jaya akan terus memonitor dan memantau mobilitas warga adat maupun penduduk pendatang di lingkungan Banjar Kaliungu Kaja.

“Warga kami sangat kooperatif dan selalu mendukung satgas dan pecalang untuk melakukan upaya pencegahan covid-19. Karenanya kami akan terus bekerja bergotong royong memantau mobilitas warga di lingkungan Banjar Kaliungu Kaja sehingga wilayah kami bisa zero corona,” pungkasnya. (red)

Bagikan berita ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *