Stok Darah PMI Menipis, Kwarda Bali Gelar Donor Darah “Setetes Darah Untuk Kemanusiaan”

Stok Darah PMI Menipis, Kwarda Bali Gelar Donor Darah “Setetes Darah Untuk Kemanusiaan”

Foto: Kegiatan donor darah yang diadakan Kwarda Bali dalam rangka memeriahkan Hari Pramuka ke-59 Tahun 2020, Rabu (12/08/2020), di Gedung Kwarda Bali, Renon, Denpasar.

Memperingati Hari Pramuka ke-59 Tahun 2020, Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Bali, mengadakan kegiatan Bali Scout Creativity dan Donor Darah.

Bali Scout Creativity (BSC) 2020, merebutkan piala Ketua Kwarda Bali yang diselenggarakan secara virtual pada Selasa (11/8/2020) kemarin. Sedangkan bakti sosial donor darah dilaksanakan Rabu (12/08/2020), di Gedung Kwarda Bali, Renon, Denpasar.

“Semua kegiatan dilaksanakan sesuai protokol kesehatan yang ketat,” ujar Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Bali, I Made Rentin, Rabu (12/8/2020).

Selain aksi donor darah, juga digelar Lomba Masatua Bali, dan Lomba Video Berbahasa Inggris tentang pariwisata Bali. Esensi dari kegiatan ini merujuk pada visi Pemerintah Provinsi Bali, Nangun Sat Kerthi Loka Bali.

“Kami mengedepankan komunikasi, informasi, edukasi dan sosialisasi. Ini kami lakukan di setiap tingkat kami bertugas, dari tingkat cabang, daerah sampai nasional,” ucap Rentin.

Rentin juga menerangkan, ditengah wabah pandemi covid-19, Palang Merah Indonesia (PMI) mengalami defisit persediaan kantong darah akibat permintaan yang cukup tinggi. Berangkat dari alasan itulah, Kwarda Bali tergugah untuk membantu PMI menyediakan stok darah bagi mereka yang membutuhkan.

“Ini juga bagian membangun kesadaran masyarakat khususnya generasi muda untuk menjadi pendonor sukarela. Tak hanya bertujuan untuk kemanusiaan tetapi berdonor darah juga sangat baik bagi kesehatan,” terang Rentin yang juga Kalaksa BPBD Provinsi Bali.

Aksi sosial yang mengusung tema “Setetes Darah Untuk Kemanusiaan” ini awalnya menargetkan 59 kantong darah, sesuai peringatan Hari Pramuka tahun ini yang ke-59. Namun antusiasme pendonor baik AL, BPOM, BPBD, dan relawan binaan Kwarda Bali, target itu terlewati.

“Kita berharap darah yang telah disumbangkan semua lolos, memenuhi syarat, sehingga dapat membantu mereka saudara-saudara kita yang membutuhkan kantong darah,” kata Rentin. (red)

Bagikan berita ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *