Suksesi Walikota, Togar Situmorang: “Denpasar butuh pemimpin bersih dan takut dengan Tuhan”

Suksesi Walikota, Togar Situmorang: “Denpasar butuh pemimpin bersih dan takut dengan Tuhan”

Foto: Advokat "Panglima Hukum" Togar Situmorang, S.H., M.H., M.A.P.

Ada anekdot yang mengatakan, kalau mau jadi pemimpin harus punya O3. Apa itu?. O3 yang dimaksud adalah Otak, Otot, dan terakhir adalah Ongkos. Otak, pemimpin harus cerdas, visioner, kreatif dan inovatif dengan program-program yang pro rakyat kecil. Otot, adalah dimaksud tentang memiliki massa yang militan. Dan O ketiga adalah Ongkos.

Menurut pengamat kebijakan publik yang juga seorang advokat senior Togar Situmorang, S.H., M.H., M.A.P., O3 itu tak cukup sebagai prasyarat menjadi seorang pemimpin. Apalagi pemimpin di sebuah kota besar seperti Denpasar. Menurutnya, pemimpin atau walikota Denpasar, haruslah figur yang bersih. Bersih yang artinya tidak tercela dan tidak cacat hukum.

“Kita butuh figur pemimpin demikian seperti figur Walikota sekarang Pak Rai Mantra dan Wakilnya, Bapak Jaya Negara maupun Puspayoga. Mereka tak hanya kreatif tapi juga bersih, ini yang kita butuhkan,” kata Togar Situmorang, Kamis (23/01/2020), di Denpasar.

Selain bersih, syarat pemimpin juga harus punya track record yang bagus terutama di lingkup terkecil yakni keluarga. Terpenting lagi, pemimpin punya rasa takut sama Tuhan, sehingga ketika menjadi pemimpin dia selalu bekerja sesuai dengan konstitusi.

“Bagaimana dia bisa memimpin sebuah daerah membimbing rakyatnya kalau memimpin keluarga saja tidak beres,” pungkas advokat yang juga aktif di olahraga sebagai Ketua Pengkot Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Kota Denpasar ini.

Untuk itu, advokat yang populer dikenal sebagai “Panglima Hukum” ini mengajak masyarakat khususnya warga Kota Denpasar agar menyelami lebih dalam sosok calon walikota dan wakilnya.

“Bisa dikatakan Denpasar kota Metropolitan, kota besar. Jadi butuh pemimpin yang betul-betul visioner, taat hukum, tulus, tegas dan lurus,” jelas advokat yang merupakan Founder dan CEO Law Firm Togar Situmorang dan Associates yang beralamat di Jl. Tukad Citarum No. 5A Renon Denpasar Bali (pusat) & Jl. Gatot Subroto Timur No. 22 Kesiman Denpasar Bali (cabang) ini.

Selain Kota Denpasar, 5 kabupaten yang juga akan melaksanakan suksesi kepemimpinan adalah Kabupaten Jembrana, Kabupaten Tabanan, Kabupaten Badung, Kabupaten Bangli, dan Kabupaten Karangasem. Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) akan serentak dilaksanakan pada bulan September 2020. (red)

Bagikan berita ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *