Tatanan Kehidupan Era Baru, Pelabuhan Benoa Siapkan Panduan Kenormalan Baru Terima Kapal Pesiar

Tatanan Kehidupan Era Baru, Pelabuhan Benoa Siapkan Panduan Kenormalan Baru Terima Kapal Pesiar

Foto: Pelabuhan Benoa siapkan panduan kenormalan baru sambut kedatangan kapal pesiar di new normal.

Pemerintah Provinsi Bali telah membuka protokol tatanan kehidupan era baru tahap pertama pada 9 Juli 2020. Tahap kedua akan dibuka pada akhir Juli tahun ini, bersamaan dibukanya pariwisata lokal atau domestik. Dan tahap ketiga, pelaksanaan tatanan kehidupan era baru akan diperluas aktivitasnya terutama untuk pariwisata internasional pada bulan September 2020.

Untuk menghadapi new normal ini utamanya menyambut kunjungan kapal pesiar saat wisata kapal pesiar di Bali dibuka, Pelabuhan Benoa menyiapkan panduan kenormalan baru penerimaan kapal pesiar. Selain itu perlengkapan pendukung lain juga tengah dipersiapkan.

“Menjelang kenormalan baru, kami intensif berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait seperti Imigrasi, Kantor Kesehatan Pelabuhan, Bea Cukai, dan instansi lainnya agar nanti saat pintu wisata di Bali dari laut dibuka semua sudah siap sesuai protokol kesehatan,” ujar CEO Regional Bali Nusra Pelindo III, Wayan Eka Saputra, Senin (13/07/2020), saat dihubungi lewat ponselnya.

Foto: CEO Regional Bali Nusra Pelindo III, Wayan Eka Saputra.

Eka Saputra melanjutkan, dalam menyiapkan panduan tersebut, akan ada pembahasan lanjutan dengan instansi terkait seperti satgas covid, dinas pariwisata, untuk prosedur pemeriksaan termasuk akan mrmbahas lebih dalam terkait persiapan kolaborasi pelayanan penumpang lanjutan yang melalui laut dan udara antara pihak Pelindo III dan Bandara Ngurah Rai.

Terkait soal rencana kedatangan kapal pesiar di new normal ini, Eka Saputra mengungkapkan ada permintaan mulai bulan Oktober 2020. Namun demikian, pihak kapal pesiar masih perlu memastikan kesiapan Pelabuhan Benoa serta kesiapan pelayanan disisi destinasi. Untuk itu persiapan yang dilaksanakan oleh semua stakeholder akan menjadi pertimbangan bagi pemilik cruise.

“Kesiapan kami dalam menerima wisatawan mancanegara yang menggunakan kapal pesiar, merupakan bagian dari upaya kami untuk mendukung bangkitnya perekonomian Bali di era kenormalan baru,” tutup pria asal Bangli ini. (red)

Bagikan berita ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *