Tutup Kejuaraan Hut ke-62 Kodam IX/Udayana, Pangdam Udayana: Pacu Semangat Berlatih Raih Prestasi Lebih Tinggi

Tutup Kejuaraan Hut ke-62 Kodam IX/Udayana, Pangdam Udayana: Pacu Semangat Berlatih Raih Prestasi Lebih Tinggi

Foto: Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto, S.I.P., menyerahkan Piala Pangdam IX/Udayana dalam rangka Kejuaraan Olahraga Hut ke-62 Kodam IX/Udayana.

(Pendam IX/Udayana). Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto, S.I.P., menutup Kejuaraan Panahan, Kabaddi, dan Karate dalam rangka Hut ke-62 Kodam IX/Udayana, di Gor Praja Raksaka Kepaon, Denpasar, Senin (8/7) sore kemarin. Penutupan ditandai dengan pemukulan gong sekaligus penyerahan piala kepada para juara.

Pangdam Udayana menyatakan selama beberapa hari pelaksanaan kegiatan, para peserta telah menyelesaikan seluruh rangkaian pertandingan dengan penuh semangat dan sportifitas yang tinggi.

“Saya mengucapkan selamat kepada peserta yang telah menunjukkan prestasi terbaik dan berhasil meraih juara,” ujar Pangdam Udayana dalam sambutannya.

Kejuaraan yang mempertandingkan tiga cabang olahraga yakni panahan, kabaddi, dan karate itu, merupakan sarana untuk melatih mental bertanding para atlet, mengasah kemampuan, sekaligus untuk mempererat tali silahturahmi dan menjunjung tinggj semangat sportivitas olahraga.

“Pertandingan ini merupakan wahana bagi para peserta untuk berinteraksi dan berbagi pengetahuan serta pengalaman di masing-masing cabang olahraga, sehingga diharapkan dapat memacu motivasi para atlet untuk berlatih lebih intensif agar dapat meraih prestasi optimal dan mampu menampilkan prestasi yang tinggi di masing-masing cabang olahraga pada masa yang akan datang,” imbuhnya.

Pangdam juga menekankan kepada seluruh insan olahraga agar gairah untuk mengupayakan peningkatan prestasi tidak boleh surut, kekurangan yang didapat pada pertandingan kali ini hendaknya menjadi pemacu untuk semakin meningkatkan upaya pembinaan secara lebih terarah dan berlanjut, sehingga pada saatnya akan dapat meraih prestasi yang lebih baik lagi.

“Kepada peserta yang belum berhasil, hendaknya jangan patah semangat, jadikanlah pengalaman ini untuk memacu semangat berlatih guna merebut kemenangan dengan prestasi yang lebih baik dan elegan pada kesempatan yang akan datang,” tegasnya.

Dalam sambutannya, Pangdam Udayana juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan panitia dan semua pihak yang telah membantu kelancaran dan keberhasilan penyelenggaraan pertandingan olahraga kali ini.

“Semoga kerjasama dan kerja keras serta keberhasilan kegiatan ini dapat dijadikan pedoman bagi peningkatan penyelenggaraan pertandingan olahraga pada tahun berikutnya,” ucapnya.

Mengakhiri sambutannya, Pangdam Udayana mengharapkan agar hasil yang telah diperoleh ini hendaknya dijadikan sebagai bahan evaluasi para pembina, pelatih maupun para atlet untuk meningkatkan kualitas latihan masing-masing, sehingga diperoleh bibit-bibit atlet yang handal dan siap berkiprah di tingkat yang lebih tinggi.

Sementara itu, disela-sela acara, Kapendam IX/Udayana Kolonel Kav Jonny Harianto G, S.I.P., menerangkan kejuaraan ini telah berlangsung sesuai jadwal. Cabang olahraga Kabaddi dilaksanakan selama 3 hari yakni 25-27 Juni 2019, sementara cabang olahraga Karate berlangsung dari anggal 28-30 Juni 2019, dan cabang olahraga Panahan dilaksanakan selama 7 (tujuh) hari mulai tanggal 1-7 Juli 2019.

Untuk cabang olahraga Kabaddi se-Bali kategori Putra, juara I direbut Kabupaten Badung, disusul Kabupaten Klungkung sebagai juara II dan diposisi ketiga diisi Kabupaten Gianyar. Sedangkan kategori Putri, juara I diraih Kabupaten Klungkung, disusul Kabupaten Gianyar dan Kota Denpasar harus puas ditempat ketiga.

Sementara untuk cabang olahraga Karate yang mempertandingkan wilayah Bali Nusra, keluar sebagai juara umum I Kabupaten Badung, kemudian disusul Kabupaten Buleleng sebagai juara umum II dan juara umum III ditempati Kabupaten Tabanan.

Untuk cabang olahraga Panahan yang dilombakan secara tim atau antar klub Bali Nusra, klub panahan Gandawa Archery sukses menjadi yang terbaik dengan mengoleksi 6 medali emas, 4 perak dan 5 medali perunggu.

Acara penutupan kejuaraan dihadiri diantaranya Danrem 163/WSA, Asrendam Udayana, para Staf Ahli Pangdam Udayana, para Asisten Kasdam Udayana, para Dan/Kabalakdam Udayana, Ketua Umum Koni Bali, Ketua Kabaddi Pengda Bali, Ketua Porki Bali, Ketua Inkai Bali, Ketua Perpani Pengda Bali, serta panitia, dewan juri dan wasit seluruh seluruh atlet. (red)

Bagikan berita ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *