Utamakan Keselamatan! PLN Bali Capai 707 Hari “Zero Accident”

Utamakan Keselamatan! PLN Bali Capai 707 Hari “Zero Accident”

Apel Peringatan Bulan K3 Nasional 2022 di halaman Kantor PLN UID Bali. (foto: ist.)

Denpasar (Penabali.com) – PLN Unit Induk Distribusi (UID) Bali menekankan pentingnya keselamatan pada setiap aspek pekerjaan yang dilaksanakan demi mengoptimalkan pelayanan kepada pelanggan. Semangat inilah yang menjadikan PLN UID Bali mampu mencapai 707 hari tanpa kecelakaan kerja.

General Manager PLN UID Bali, I Wayan Udayana menjelaskan dalam pelaksanaan Bulan K3 tahun 2022, PLN berkomitmen untuk tidak bosan-bosan mengkampanyekan pentingnya pemahaman mengenai keselamatan ketenagalistrikan, tak hanya internal namun juga eksternal demi mempertahankan capaian zero accident.

“Kami akan terus menyebarkan pesan-pesan edukasi bahaya listrik baik dilakukan melalui media massa, media sosial, juga melalui komunitas-komunitas dan key opinion leader, hal ini dilakukan untuk mempertahankan capaian zero accident di tahun 2022,” ungkapnya.

Selain itu, Udayana juga menambahkan bahwa PLN juga akan mengembangkan kerjasama dengan berbagai stakeholder untuk mencapai sinergisitas keamanan dan keselamatan ketenagalistrikan.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan ESDM Provinsi Bali, Ida Bagus Ngurah Arda, yang bertindak sebagai Pembina dalam Apel Peringatan Bulan K3 Nasional 2022 di halaman Kantor PLN UID Bali, Jumat (14/01/2021), dalam amanatnya menyampaikan bahwa peringatan Bulan K3 Nasional selama 2 tahun terakhir dibayangi keprihatinan akibat adanya pandemi Covid-19 yang sampai saat ini belum benar-benar hilang walaupun kurvanya telah melandai dan mulai terkendali.

“Namun, kondisi ini jangan menurunkan semangat kita untuk terus menerus menggelorakan pentingnya menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di tempat kerja kita masing-masing, karena K3 merupakan salah satu kunci untuk bisa mengatasi pandemi Covid-19,” ucapnya.

Ia juga menyampaikan bahwa peringatan Bulan K3 Nasional 2022 yang bertemakan “Penerapan Budaya K3 pada Setiap Kegiatan Usaha Guna Mendukung Perlindungan Tenaga Kerja di Era Digitalisasi” ini menekankan perlunya inovasi yang berkesinambungan sebagai upaya untuk menyusun strategi baru guna melindungi tenaga kerja yang kini memiliki pola kerja yang lebih beragam yakni lebih mengutamakan digitalisasi dan fleksibilitas.

Kaitannya dengan hal ini, PLN sebagai penyedia tenaga listrik, selalu berinovasi untuk terus berkembang menyesuaikan diri dengan dinamika perubahan yang terjadi. Sejak merebaknya kasus Covid-19, PLN senantiasa mengutamakan keamanan dan keselamatan tak hanya pekerja namun juga pelanggan. Berbagai inovasi dikembangkan antara lain pemutakhiran aplikasi PLN Mobile dan penggunaan fitur Swacam untuk pencatatan penggunaan kWh meter guna meminimalisir kontak langsung antara petugas dan pelanggan. (rls)

Bagikan berita ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *