Di Hari Peduli Sampah Nasional, Simpatisan JRX Gelar Bersih-Bersih di Pantai

Di Hari Peduli Sampah Nasional, Simpatisan JRX Gelar Bersih-Bersih di Pantai

Foto: Simpatisan JRX gelar aksi bersih-bersih sekaligus suarakan bebaskan JRX, Minggu (21/02/2021) kemarin.

Penabali.com – Guna menyemarakkan Hari Peduli Sampah Nasional, simpatisan JRX melakukan aktivitas sosial berupa bersih-bersih pantai secara serentak di Pantai Saba Gianyar dan di Penataran Pura Rambut Siwi Jembrana, Minggu (21/02/2021) kemarin. Aksi bakti terhadap lingkungan ini sekaligus melanjutkan aksi yang telah diinisiasi I Gede Ary Astina (JRX) untuk selalu merawat, memelihara, dan mencintai alam lingkungan.

Di Kabupaten Jembrana, Komunitas Gerakan Jembrana Muda bersama Komunitas Pedals (Peduli Lingkungan dan Aksi Sosial) melakukan aksi bersih pantai yang dilakukan di sempadan Pantai Pura Rambut Siwi.

I Putu Ari Wiradana, salah satu simpatisan mengatakan sebagai generasi muda dirinya berharap semua insan harus lebih tanggap dan aktif dalam menjaga alam.

Disamping itu, dalam kegiatan ini ia juga menyampaikan solidaritas dan support morilnya terhadap JRX. Ia mengatakan jika pihaknya sebagai masyarakat Bali kagum dengan sosok JRX dan pergerakan yang selalu dilakukan JRX dalam memotivasi banyak aksi sosial dan kepeduliannya terhadap lingkungan.

“Orang seperti JRX tidak layak dpenjarakan justru seharusnya kita support segala aktivitas dan hal-hal baik yang ia lakukan,” pungkas Ari Wiradana.

Dari Kabupaten Gianyar, Oka Ramendra dari Solidaritas Gianyar menjelaskan bahwa aksi bersih-bersih pantai yang dilakukan di Pantai Saba karena banyak tumpukan sampah yang terbawa gelombang laut sehingga mengotori pesisir pantai.

Oka Ramendra juga mengatakan bahwa dalam momentum peringatan Hari Peduli Sampah Nasional, pihaknya sengaja melakukan kegiatan bersih pantai lantaran selain ingin berkontribusi dan terus bersolidaritas terhadap JRX, momentum ini bisa jadi langkah awal agar lebih memperhatikan persoalan sampah dan kebersihan lingkungan.

“Kita semua mesti lebih peka dan disiplin dalam menjaga kebersihan lingkungan” tandasnya.

Krisna Bokis Dinata dari Aliansi Bebaskan JRX menegaskan bahwa seperti komitmennya di awal bahwa hal-hal baik yang memang memberikan kontribusi positif seperti aktivitas bersih pantai akan selalu dilakukan. Hal ini sebagai bentuk komitmennya dalam melakukan dan meneruskan apa yang selama ini dilakukan oleh JRX.

Disamping itu, banyaknya pemuda yang terlibat dan melakukan hal yang sama juga menjadi sebuah capaian bahwa hal baik dari sosok JRX terus-menerus menjalar.

“Bahkan sudah menjadi kebiasaan minimal untuk hal kecil dan sederhana sebagai bentuk menjaga kebersihan lingkungan,” tegasnya.

Lebih lanjut Krisna Bokis menerangkan puluhan karung sampah yang terkumpul kemudian dipilah dan didistribusikan ke bank sampah Banjar Beten Kelod Gianyar, dimana sampah organik akan diberdayakan menjadi pupuk dan sampah plastik akan diolah oleh bank sampah untuk menjadi sesuatu yang memiliki daya guna.

“Selain menjaga kebersihan lingkungan, kami juga berusaha agar melakukan pemilahan dan pengolahan sampah berbasis sumber,” imbuhnya. (red)

Bagikan berita ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *