Edukasi Warga Terapkan Protokol Kesehatan, Supadma Rudana Peragakan Cara Cuci Tangan yang Benar

Edukasi Warga Terapkan Protokol Kesehatan, Supadma Rudana Peragakan Cara Cuci Tangan yang Benar

Foto: Anggota Komisi VI DPR RI, Putu Supadma Rudana, sedang memperagakan cara mencuci tangan yang benar dihadapan warga.

Satu hal penting dan tak boleh diabaikan dalam penerapan Tatanan Kehidupan Bali Era Baru “New Normal” menuju aktivitas masyarakat produktif dan aman covid-19, adalah menjalankan dengan disiplin protokol kesehatan. Antara lain memakai masker, sesering mencuci tangan menggunakan sabun pada air mengalir, dan menjaga jarak dengan orang lain (social distancing).

“Protokol kesehatan ini penting dan wajib dilakukan oleh setiap orang baik di rumah maupun saat berada di luar rumah untuk mencegah penularan covid-19,” kata anggota Komisi VI DPR RI, Putu Supadma Rudana, kepada warga masyarakat di Desa Peliatan, Ubud, Gianyar, Senin (06/07/2020).

Menurut anggota Fraksi Demokrat dapil Bali ini, salah satu unsur protokol kesehatan itu adalah mencuci tangan. Supadma Rudana menerangkan, ada beberapa langkah yang patut diikuti saat mencuci tangan seperti yang disarankan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Ia menjelaskan, pertama, basahi seluruh telapak tangan dengan air bersih yang mengalir atau melalui keran air. Kemudian oleskan sabun ke punggung telapak tangan dan sela jari tangan. Ketiga, bersihkan bagian bawah kuku pada jari tangan, dan telapak tangan. Keempat, bilas telapak tangan dengan air mengalir sampai bersih. Dan kelima, keringankan telapak tangan menggunakan handuk, tisu, atau dengan cara diangin-anginkan.

“Lakukan itu 20 sampai 30 detik untuk membunuh kuman dan bakteri. Bisa juga kita bersihkan tangan menggunakan hand sanitizer dan langkahnya sama,” ujar Supadma Rudana sembari tanpa canggung memperagakan cara cuci tangan yang benar kepada warga masyarakat.

Wakil Ketua Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI juga mengatakan, Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) meski terdengar gampang namun bukanlah hal yang enteng. Mengingat covid-19 hingga saat ini belum ditemukan vaksinnya.

“Maka cara terbaik adalah dengan penerapan protokol kesehatan dengan benar,” ujar Wakil Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrat ini usai terjun menyalurkan bantuan ke sejumlah banjar di Desa Peliatan. (red)

Bagikan berita ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *