Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Kurnia Dewantara Tanam Padi di Subak Gelulung

Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Kurnia Dewantara Tanam Padi di Subak Gelulung

Foto: Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Kurnia Dewantara menanam padi di Subak Gelulung, Banjar Blahpane Kelod, Desa Sidan, Kabupaten Gianyar.

Dalam rangka mendukung program pemerintah dalam percepatan swasembada pangan nasional, Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Kurnia Dewantara didampingi Ketua Persit KCK PD IX/Udayana Ny. Tanty Kurnia Dewantara melaksanakan penanaman bibit padi yang merupakan kerjasama Kodam IX/Udayana dengan PBL Bali dan Talitha Group serta didukung Pemerintah Kabupaten Gianyar, Selasa (30/06/2020), di areal persawahan milik I Made Narka (Pekaseh Subak Gelulung), Banjar Blahpane Kelod, Desa Sidan, Kabupaten Gianyar.

Kegiatan penanaman bersama demplot bibit padi jenis Ciherang dengan menggunakan sistem Jajar Legowo (2.1) dalam rangka mendukung percepatan hasil panen padi/swasembada pangan program Presiden Republik Indonesia.

“Kami perangkat desa bersama masyarakat Desa Sidan bekerja sama dengan Pejuang Bravo Lima (PBL) Bali dan PT. Thalita Group dalam bidang pertanian ini untuk menjaga ketahanan pangan di desa kami menghadapi pandemi covid-19,” kata Kepala Desa Sidan I Made Sukra Suyasa.

Sementara itu Bupati Gianyar I Made Mahayastra menyampaikan, Pemkab Gianyar telah melakukan kegiatan klaster ketahanan pangan komoditas padi sejak awal tahun 2015 dimana areal Subak Gelulung Banjar Blahpane Kelod, Desa Sidan ini juga merupakan warisan budaya dunia dan ditetapkan sebagai lokasi pusat pengembangan klaster padi di Kabupaten Gianyar.

Selain itu kata Bupati Mahayastra, juga telah dilaksanakan pelatihan pembuatan pupuk organik dan teknik budidaya pertanian bagi para petani di Kabupaten Gianyar.

“Masyarakat Gianyar menyampaikan ucapkan terima kasih yang sebesar-besanya atas kerjasama yang telah terjalin dan berharap kegiatan ini dapat berlanjut secara berkesinambungan,” terang Bupati Mahayastra.

Dalam kesempatan tersebut Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Kurnia Dewantara mengatakan penanaman padi ini bertujuan untuk meningkatkan swasembada pangan ditengah pandemi covid-19.

“Kedepannya mari sinergitas ini terus dipelihara dan ditingkatkan, sehingga dapat berguna bagi masyarakat, bangsa dan negara,” harap Mayjen TNI Dewantara yang baru dilantik sebagai Pangdam IX/Udayana tanggal 25 Juni 2020 menggantikan pangdam sebelumnya, Mayjen TNI Benny Susianto.

Dalam bakti pangan ini, Pangdam IX/Udayana beserta rombongan menanam bibit padi jenis Ciherang dengan sistim Jajar Legowo (2.1) yaitu dengan arah timur dan barat mengikuti arah matahari terbit dan terbenam sesuai ketentuan dari Dinas Pertanian. (red)

Bagikan berita ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *