Pembuatan Jalan Sepajang 2.359 Km Jadi Sasaran Fisik TMMD ke-108 Tahun 2020

Pembuatan Jalan Sepajang 2.359 Km Jadi Sasaran Fisik TMMD ke-108 Tahun 2020

Foto: Penandatanganan naskah penyerahan sasaran fisik TMMD dari Bupati Gianyar kepada Dandim 1616/Gianyar, Letkol Inf. Frandy Siboro selaku Dansatgas TMMD, Selasa (30/06/2020).

Bupati Gianyar Agus Mahayastra membuka resmi kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Tahun 2020, Selasa (30/06/2020). TMMD tahun ini di wilayah Kodam IX/Udayana diselenggarakan di Kodim 1602/Ende, Kodim 1628/Sumbawa Barat dan Kodim 1616/Gianyar.

Kapendam IX/Udayana Kolonel Kav Jonny Harianto G, S.I.P., menerangkan sasaran fisik pembukaan jalan sepajang 2.359 Km dari Desa Buahan Kaja menuju Desa Kerta Kecamatan Payangan Kabupaten Gianyar, juga sekaligus menandai dimulainya TMMD tahun 2020 di wilayah Kodim 1616/Gianyar. Acara pembukaan juga diisi penandatanganan naskah penyerahan sasaran fisik TMMD dari Bupati Gianyar kepada Dandim 1616/Gianyar, Letkol Inf. Frandy Siboro selaku Dansatgas TMMD.

Gubernur Bali dalam sambutannya yang dibacakan Bupati Gianyar mengungkapkan TMMD adalah salah satu wujud operasi Bhakti TNI yang merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI dan kementerian, lembaga pemerintah non kementerian dan pemerintah daerah serta komponen bangsa lainnya, yang dilaksanakan secara terintegrasi bersama masyarakat, guna meningkatkan akselerasi kegiatan pembangunan di daerah pedesaan.

Sejalan dengan visi pembangunan “Nangun Sat Kerthi Loka Bali” yang esensinya adalah bergotong-royong, pelaksanaan TMMD diharapkan dapat menjaga dan melestarikan alam dan budaya Bali sehingga nantinya akan memberikan dampak positif terhadap kesejahteraan krama Bali melalui peningkatan kualitas infrastruktur dan terlebih lagi dapat meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat pedesaan ditengah pandemi covid-19 ini.

Terkait pandemi covid-19, Kapendam menegaskan hal itu merupakan salah satu contoh tantangan yang harus dapat dihadapi secara bersama melalui budaya gotong-royong yang merupakan warisan bangsa, dengan sikap disiplin dan senantiasa menerapkan protokol kesehatan yang telah dianjurkan oleh pemerintah.

Dalam kegiatan TMMD ke-108 ini, lanjut Kapendam, mengambil tema “TMMD Pengabdian Untuk Negeri”. “Tentunya seluruh komponen masyarakat menaruh harapan besar agar dapat memicu dan memotivasi Satgas TMMD untuk melaksanakan tugas yang mulia dalam pengabdian untuk negeri,” kata Kapendam.

Dijelaskan juga bahwa pelaksanaan program TMMD ke-108 Kodim 1616/Gianyar dilaksanakan di Desa Buahan Kaja dan Kerta, Kecamatan Payangan, Kabupaten Gianyar, dengan sasaran fisik pembukaan jalan sepajang 2.359 Km.

Pembukaan TMMD ke-108 di Kodim 1616/Gianyar yang ditandai pemukulan gong, juga dihadiri Wakil Bupati Gianyar A.A. Gede Mayun, Ketua DPRD Kabupaten Gianyar, serta undangan lainnya. (red)

Bagikan berita ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *