Jelang Hari Raya Harga Kebutuhan Pokok Merangkak Naik

Jelang Hari Raya Harga Kebutuhan Pokok Merangkak Naik

Kemendag Lakukan Pemantauan

Staf Ahli Bidang Perdagangan Jasa Kementerian Perdagangan, Lasminingsih, pada Rabu (5/12) pagi melakukan pemantauan harga kebutuhan pokok di Pasar Kereneng dan Pasar Badung, Denpasar. Pemantauan ini dilakukan menjelang hari besar keagamaan seperti Galungan, Kuningan, Natal dan Tahun Baru 2019. Turut serta dalam pemantauan ini, Kadis Perindag Provinsi Bali, I Putu Astawa.

Lasminingsih disela-sela pemantauan mengatakan kedatangannya ke pasar-pasar tradisional adalah untuk memantau ketersediaan kebutuhan pokok seperti daging, telor, beras, tepung terigu, gula pasir, minyak goreng dan kebutuhan pokok lainnya. Biasanya menjelang hari besar keagamaan, harga-harga kebutuhan pokok tersebut akan naik dan itu cukup menberatkan masyarakat. Pemantauan juga terkait ketersediaan kebutuhan pokok dan kebutuhannya.

“Dari pantauan hari ini secara umum harga-harga relatif masih stabil, kecuali produk musiman seperti cabe yang agak naik,” katanya.

Staf Ahli Bidang Perdagangan Jasa Kementerian Perdagangan, Lasminingsih.

Sejumlah barang sudah mulai naik dalam beberapa hari belakangan. Daging ayam kini Rp 39 ribu hingga Rp 40 ribu dari sebelumnya sekitar Rp 36 ribu. Namun daging sapi tak ada perubahan.

“Mungkin karena permintaan daging sapi tak terlalu banyak,” ucapnya. Harga beras juga masih stabil. Lasminingsih mengaku gembira karena beras medium tersedia cukup dengan harga yang stabil, sekitar Rp 9 ribuan.

Salah seorang pedagang daging ayam di Pasar Kereneng, Muklis mengaku harga ayam naik antara Rp 39 ribu hingga Rp 40 ribu. Ia menjelaskan salah satu penyebabnya karena pasokan yang tidak lancar.

“Kami sejak 10 hari ini dijatah ayamnya,” ujarnya. Harga telor ayam juga mulai naik. Menurut Wayan Mes, salah seorang pedagang telor di Pasar Badung mengatakan harga telor naik dari Rp 38 ribu/krat naik jadi Rp 40 ribu/krat.

Selain mengunjungi pasar tradisional, Staf Ahli Bidang Perdagangan Jasa, Lasminingsih, juga menggelar Rapat Koordinasi Barang Kebutuhan Pokok Menjelang Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 di Kantor Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bali serta meninjau Gudang Bulog di Jalan Raya Sempidi, Mengwi, Kabupaten Badung dan Gudang Distributor PT. Halus Ciptanadi di Jalan Kebo Iwa, Denpasar. Selain pasar tradisional, pasar modern seperti Transmart Carrefour Sunset Road dan Hypermart Mal Galeria di Jalan Bypass Ngurah Rai juga tak luput dari pantauan. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *