BBPOM Denpasar Lakukan Uji Pangan Buka Puasa, Nihil Bahan Berbahaya

BBPOM Denpasar Lakukan Uji Pangan Buka Puasa, Nihil Bahan Berbahaya

Foto: BBPOM Denpasar melakukan uji sampel terhadap jajanan atau pangan buka puasa untuk menghindari bahan-bahan yang berbahaya bagi kesehatan.

Mobil operasional laboratorium keliling Balai Besar POM di Denpasar melaksanakan pengawasan terhadap pangan buka puasa di Kabupaten Karangasem, Rabu (20/05/2020) kemarin.

Dari hasil sampling dan pengujian terhadap 27 sample uji di Lingkungan Karang Langko, Pasar Senggol Karangasem, menunjukkan hasil Memenuhi Syarat Keamanan Pangan bebas Rodamin B, Metanil Yellow, Borax dan Formalin. Pangan tersebut diantaranya jajan pasar, kerupuk, bakso, tongkol, teri dan lainnya. Tim KIE dan SAKA POM (Satuan Karya Pramuka Pengawasan Obat dan Makanan) juga melaksanakan edukasi dan pengawasan takjil terhadap sejumlah pedagang yang tujuannya agar makanan dan minuman yang disajikan sehat dan aman dikonsumsi masyarakat.

Tampak hadir dalam pengawasan ini Asisten Bidang Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Karangasem, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, I Wayan Sutrisna dan Dinkes Kesehatan, I Putra Pertama. Lokasi sampling dan pengujian yaitu .

Pada kesempatan itu, Kepala BBPOM di Denpasar, Ni Gusti Ayu Nengah Suarningsih, menyerahkan bantuan berupa APD, dan masker kepada Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Karangasem.

“Semoga bermanfaat untuk penanganan covid-19 di Kabupaten Karangasem”, harap Suarningsih.

BBPOM Denpasar juga memberikan edukasi kepada para pedagang untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan saat melayani pembeli. Pakai masker, mengatur jarak, pakai sarung tangan, dan mencuci tangan menggunakan sabun pada air mengalir sesering mungkin.

“Jaga kesehatan dan atur pola hidup bersiha agar kita semua terhindar dari virus corona”, pesannya mengingatkan. (red)

Bagikan berita ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *