Heboh Unggahan Video Seorang Perempuan Masuk ke Halaman Rumah, Law Firm Togar Situmorang Beri Advokasi Hukum

Heboh Unggahan Video Seorang Perempuan Masuk ke Halaman Rumah, Law Firm Togar Situmorang Beri Advokasi Hukum

Foto: Advokat Alexander Ricardo Gracia Situmorang, S.H., dari Law Firm Togar Situmorang saat mendampingi perempuan dalam video tersebut, ke Polsek Manggis dan Polres Karangasem.

Beberapa waktu lalu atau tepatnya hari Selasa tanggal 8 Desember 2020 masyarakat dihebohkan dengan adanya unggahan video perempuan yang masuk ke halaman rumah orang di daerah Karangasem dimana video tersebut diunggah pertama kali di media sosial facebook dan diunggah kembali di beberapa akun instagram.

Terkait video yang beredar tersebut, terlihat seorang ibu-ibu yang marah-marah, dan dikerumuni masyarakat dan polisi.

Terkait video tersebut, advokat Togar Situmorang, S.H., M.H., MAP., CLA., sangat menyayangkan adanya unggahan video tersebut yang sudah viral kemana-mana. Dimana dalam video itu sudah sangat jelas adanya perbuatan atau tindakan hakim sendiri.

Melihat kejadian nahas tersebut, terketuk hati advokat muda dari Law Firm Togar Situmorang yaitu Alexander Ricardo Gracia Situmorang, S.H., untuk membantu orang tersebut. Sehingga pria berdarah Batak ini datang ke Polsek Manggis dan Polres Karangasem untuk mendampingi perempuan tersebut.

“Saya pribadi merasa kasihan kepada wanita itu, karena saya melihat di sosial media dia dibentak-bentak dan seolah-olah dihakimi sendiri padahal disana sudah ada pihak kepolisian. Maka dari itu, saya berusaha membantunya dan saya ingin bagaimana kejadian sebenarnya. Biar bagaimanapun dia juga punya hak asasi yang harus tetap dilindungi. Kita akan tetap kawal kasus ini supaya menjadi terang benderang,” ungkap advokat muda yang sering disapa Arga ini, Jumat (11/12/2020).

Arga mengungkapkan bahwa tindakan menghakimi sendiri jelas tidak diperbolehkan. Jelas negara Indonesia adalah negara hukum, konstitusi pun sudah mengaturnya. Ada aparat hukum, dan biarkan polisi yang bertindak.

Foto: Advokat Alexander Ricardo Gracia Situmorang, S.H., dari Law Firm Togar Situmorang saat mendampingi perempuan dalam video tersebut.

Sementara itu Togar Situmorang menambahkan orang yang mengunggah video tersebut seharusnya tidak melakukan itu. Sebagai praktisi hukum, ia mengaku keberatan dengan unggahan tersebut. Sebab belum tahu bagaimana kejadian sebenarnya, dan belum tahu kenapa perempuan itu bisa masuk ke dalam rumah tersebut.

Bisa saja perempuan itu mau ketemu seseorang atau perempuan sedang dalam keadaan sakit atau depresi sehingga dia tidak sadar masuk ke dalam rumah tersebut,” imbuh Dewan Penasehat DPP Forum Batak Intelektual (FBI) ini.

“Dan dari sinilah kita bisa tahu perlunya edukasi kepada masyarakat dalam memberikan informasi di media sosial, jangan dengan sembarangan. Jangan asal share atau merekam suatu kejadian yang kita sendiri belum tahu bagaimana kebenarannya, itu bisa ada konsekuensi hukum dimana jelas juga ada bapak polisi saat itu kenapa tidak dihormati aparat hukum tersebut,” tambahnya.

Menyikapi hal ini, Togar Situmorang menghimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati dalam bersosial media, jangan aneh-aneh. Sebab apabila ada seseorang atau masyarakat yang merasa dirugikan, maka jelas pidana siap menanti.

“Mari kita menjadi masyarakat cerdas dalam bertindak apapun. Jangan menghakimi sendiri maupun bertindak seenaknya, mari gunakan saluran hukum yang ada. Supaya kamtibmas di lingkungan masyarakat tetap terjaga. Jangan main hakim sendiri serta mengupload video tanpa izin, itu ada sangsi pidana menanti,” ucap advokat yang juga Ketua Pengkot Persatuan Olahraha Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Kota Denpasar. (red)

Bagikan berita ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *