Rafting di Telaga Waja, Cara Wabup Artha Dipa Promosikan Pariwisata Karangasem

Rafting di Telaga Waja, Cara Wabup Artha Dipa Promosikan Pariwisata Karangasem

Foto: Wabup Karangasem Wayan Artha Dipa dan Ketua DPRD Karangasem Gede Dana, kompak dalam satu perahu karet, rafting, menyusuri aliran sungai Telaga Waja yang deras namun bersih dan jernih.

Wakil Bupati Karangasem Wayan Artha Dipa punya cara lain untuk mempromosikan pariwisata Bali khususnya di Kabupaten Karangasem. Mengetahui bahwa potensi alam kabupaten yang dijuluki “Bumi Tanah Aron” ini sangat besar untuk digali dan dikembangkan, Wabup Artha Dipa bersama Forum Koordinasi Pemerintah Daerah Kabupaten Karangasem memanfaatkan kekayaan alam itu dengan menyusuri sungai Telaga Waja menggunakan perahu karet yang dikenal dengan olahraga Rafting, Minggu (09/02/2020).

“Kita ingin pariwisata di Karangasem terus menggeliat, berkembang dan memberi manfaat positif bagi perekonomian masyarakat,” ujar Wabup Artha Dipa saat diwawancarai sesaat sebelum naik ke perahu karetnya untuk menyusuri sungai Telaga Waja.

Dengan memegang dayung dan menggunakan helm dan baju pelampung, mantan birokrat yang dikenal merakyat ini mengatakan, sungai Telaga Waja merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat digemari wisatawan baik domestik dan mancanegara. Sungai dengan airnya yang jernih dan bersih itu memiliki medan yang sangat menantang.

“Tentu dengan rafting ini kita juga menghimbau agar masyarakat menjaga kelestarian sungai sebagai salah satu sumber air kita, sungai itu suci dan sepatutnya kita menjaganya dengan baik,” pesan orang nomor dua di Pemkab Karangasem ini.

Pariwisata di Kabupaten Karangasem diakui Wabup Artha Dipa, sedang menggeliat dan terus berkembang. Hanya saja menurutnya, infrastruktur khususnya jalan masih harus dibangun lebih baik agar akses pengunjung atau wisatawan menuju obyek wisata menjadi lebih gampang dan nyaman.

“Kalau mau PAD (Pendapatan Asli Daerah, red) naik dari sektor pariwisata, infrastrukturnya harus kita genjot,” kata Artha Dipa singkat.

Acara rafting bersama Forum Koordinasi Pemerintah Kabupaten Karangasem dihadiri diantaranya Ketua DPRD Karangasem Gede Dana, Kapolres dan Wakapolres Karangasem, Dandim, pihak Kajari, Kadis Pariwisata, Kesbangpol, serta pejabat lainnya. Bupati Karangasem IGA Mas Sumatri tidak ikut hadir karena ada kegiatan lain.

Usai rafting, Wabup Artha Dipa, Ketua DPRD Karangasem Gede Dana beserta rombongan melanjutkan acara makan siang bersama di kediaman pribadi Wabup Artha Dipa di Banjar Pakel, Desa Sangkan Gunung, Kecamatan Sidemen.

Dalam acara makan siang bersama yang berlangsung santai dan penuh kekeluargaan itu, Wabup Artha Dipa berharap soliditas dan kebersamaan ini makin menguat untuk bersama-sama membangun Kabupaten Karangasem lebih baik dan lebih sejahtera untuk masyarakatnya. (red)

Bagikan berita ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *