Bali Marine Walk dan Sammada Hotel and Beach Club Sukses Bentangkan Bendera Merah Putih Dibawah Laut Nusa Lembongan

Bali Marine Walk dan Sammada Hotel and Beach Club Sukses Bentangkan Bendera Merah Putih Dibawah Laut Nusa Lembongan

Foto: Upacara pembentangan Bendera Merah Putih dibawah laut Nusa Lembongan yang dilakukan kru Bali Marine Walk dan Sammada Hotel and Beach Club pada peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74, Sabtu (17/8/2019) pagi.

Beragam cara dilakukan masyarakat untuk memperingati Hut ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia. Ada yang mengisinya dengan lomba, kegiatan sosial kemanusiaan lingkungan, ada pula dengan upacara penghormatan kepada Bendera Merah Putih melalui upacara bendera. Namun yang dilakukan Bali Marine Walk Sammada Hotel and Beach Club Lembongan untuk memberikan penghormatan sebagai warga negara Indonesia, cukup unik sekaligus menantang.

Yaitu dengan menggelar upacara sekaligus membentangkan Bendera Merah Putih dibawah laut Nusa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Sabtu (17/8/2019) pagi. Tepatnya di ponton atau tongkang miliki perusahaan watersport ini.

Sesuai dengan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia 17-8-2019, maka Bendera Merah Putih yang dibentangkan didalam laut juga dilakukan tepat pada pukul 8 pagi, dilakukan oleh 17 orang, dan dibentangkan di kedalaman 4 sampai 5 meter. Setelah bendera dibentangkan, seluruh peserta upacara melakukan penghormatan dibawah laut.

“Ukuran bendera tinggi tiga meter dan panjang 4,5 meter. Kami juga membentangkan banner dengan tulisan Dirgahayu Republik Indonesia ke-74,” kata salah satu peserta upacara pembentangan Bendera Merah Putih, Wayan Suantara, usai acara.

Operational Manager Bali Marine Walk Lembongan ini juga menerangkan, ke-17 orang peserta yang turun ke dalam laut, sudah dilengkapi peralatan yang standar penyelam. Prosesi pembentangan Bendera Merah Putih juga berjalan lancar karena didukung cuaca cerah dan arus gelombang laut yang cukup tenang.

“Airnya dingin tapi kami puas dan bangga bisa melaksanakan upacara ini,” ujar ayah tiga anak ini.

Ide awal upacara pembentangan bendera Merah Putih dibawah laut untuk memberikan penghormatan kepada bangsa dan negara sekaligus menghargai jasa para pahlawan yang telah rela berkorban nyawa untuk merebut kemerdekaan.

“Kita ingin generasi muda penerus bangsa ini bisa menghargai dan menghayati kemerdekaan yang direbut para pahlawan. Jadi di momen kemerdekaan ini tidak sekedar merayakan seremoni semata namun sebagai semangat patriotisme agar bisa terus mengalir dalam jiwa anak bangsa. NKRI harga mati,” tegas Sales and Head Corporate Bali Marine Walk Sammada Hotel and Beach Club Lembongan Ketut Suastika.

Ia berharap pembentangan bendera Merah Putih dibawah laut Lembongan dapat menjadi momen heroik penghormatan kepada Bangsa Indonesia. Kegiatan ini juga sekaligus mengajak masyarakat untuk menjaga laut dan mencintai kekayaan bahari Indonesia khususnya di wilayah Nusa Lembongan.

“Momen ini benar-benar menunjukkan kami mencintai negeri ini sepanjang hayat. Merdeka!,” tegasnya penuh semangat.

Suastika pun berharap, kedepannya ada lebih banyak pihak yang ikut terlibat untuk memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Kami siap berkolaborasi dengan melibatkan banyak pihak pada peringatan tahun depan,” ucap pria asal Buleleng ini. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *