Karya Yadnya Agung Ngenteg Linggih Pura Dalem Sental Kangin Nusa Penida

Karya Yadnya Agung Ngenteg Linggih Pura Dalem Sental Kangin Nusa Penida

Foto: Krama Banjar Adat Sental Kangin, Desa Pekraman Ped, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, menggelar yadnya agung di Pura Dalem dan Pura Prajepati.

Bertepatan dengan Anggara Kasih Julungwangi, Selasa (9/7), krama di Banjar Adat Sental Kangin, Desa Pekraman Ped, Kecamatan Nusa Penida, menggelar karya yadnya agung Mamungkah, Ngenteg Linggih, Padudusan Agung, Madasar Caru Walik Sumpah Madya, di Pura Dalem dan Pura Prajepati di banjar setempat.

Manggala Prawartaka Karya (Ketua Panitia) Kadek Pernata menerangkan, rangkaian karya sudah dimulai sejak 12 Juni 2019 dengan upacara matur piuning, nanceb taring dan maguru piduka. Sementara upacara Mapepada Caru dilaksanakan 3 Juli 2.19. Keesokan harinya pada 4 Juli 2019, digelar Mecaru di Pura Dalem, Pura Prajepati, dan pasupati arca. Pada 8 Juli 2019 dilaksanakan upacara melasti, memasar, mendak siwi dan mapepade karya. Sedangkan puncak karya yadnya digelar Selasa 9 Juli 2019.

Pernata juga menjelaskan, dilaksanakannya karya yadnya agung ini, menyusul telah rampungnya seluruh pembangunan fisik Pura Dalem termasuk Pura Prajepati yang dilaksanakan sejak tahun 2017 dan menelan biaya Rp1,5 miliar.

“Anggaran pembangunan ini semuanya dibiayai tokoh masyarakat Desa Adat Sental Kangin Ketut Leo bersama keluarga, dan juga partisipasi krama,” ujarnya disela upacara.

Bangunan fisik Pura Dalem termasuk Pura Prajepati itu antara lain penyengker, candi bentar, dan juga sejumlah palinggih yang kesemuanya terbuat dari batu putih.

“Kami haturkan terima kasih kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa karena krama dengan semangat melaksanakan seluruh rangkaian upacara sehingga berjalan lancar dan sukses. Kami juga berterima kasih kepada Bapak Ketut Leo beserta keluarga yang telah banyak membantu, tak lupa kami sampaikan terima kasih kepada krama adat Sental Kangin atas rasa baktinya melaksanakan yadnya suci ini,” ungkapnya.

Puncak karya yadnya di Pura Dalem dan Pura Prajepati dipuput tiga sulinggih, yakni Ida Bhagawan Sari Pura Sogata Samyoga dari Griya Suda Santi Kunjara Kutampi, dan Ida Pandita Dukuh Saka Sentanu Segening dari Padukuhan Segening Batu Mulapan. Turut hadir selain seluruh krama adat Sental Kangin, tampah juga berbaur dengan warga tokoh masyarakat Sental Kangin, Ketut Leo bersama istri Ni Luh Kadek Dwi Yustiawati, caleg terpilih DPRD Bali periode 2019-2024 dan kakak kandung Ketut Leo yakni I Made Satria, caleg terpilih DPRD Klungkung periode 2019-2024, serta para tokoh masyarakat. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *