Pembangunan Pelabuhan Sampalan – Nusa Penida Capai 51 Persen

Pembangunan Pelabuhan Sampalan – Nusa Penida Capai 51 Persen

Foto: Gubernur Koster didampingi Wagub, Sekda Bali, dan Bupati Klungkung saat meninjau pembangunan Pelabuhan Sampalan - Nusa Penida di Kabupaten Klungkung, Rabu (13/01/2021).

Penabali.com – Perkembangan pembangunan Pelabuhan Sampalan – Nusa Penida di Kabupaten Klungkung telah mencapai 51 persen, dan direncanakan rampung paling lambat Agustus tahun 2021.

“Saya melihat langsung pencapaian pembangunan Pelabuhan Sampalan di Nusa Penida yang mulai dikerjakan pada bulan Agustus tahun 2020 lalu sudah sesuai rencana, kemudian laporan yang saya terima dari pihak pelaksana pembangunannya sudah mencapai 51 persen, dan direncanakan selesai paling lambat Agustus tahun 2021 ini,” jelas Gubernur Bali Wayan Koster, Rabu (13/01/2021) kemarin di Nusa Penida Klungkung.

Gubernur Koster yang juga didampingi Wagub Bali, Sekda Bali, Kapolda Bali, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Bali, Bupati Klungkung dan Ketua DPRD Klungkung mengungkapkan mengenai anggaran Pembangunan Pelabuhan Sampalan di Nusa Penida yang ia sendiri perjuangkan ke Pemerintah Pusat dengan menghadirkan APBN dari Kementerian Perhubungan RI tersebut ke Pulau Bali, tercatat nilainya mengalami peningkatan.

“Sebelumnya dianggarkan Rp.82 miliar, kemudian anggaran Pembangunan Pelabuhan Sampalan – Nusa Penida ini mengalami perubahan menjadi Rp.85 miliar,” ungkap Gubernur Bali kelahiran Desa Sembiran, Buleleng ini seraya menyatakan program infrastruktur yang diperjuangkannya melalui APBN dari Kementerian Perhubungan RI, selain untuk membangun dermaga, juga sekaligus menata kawasan secara terintegrasi untuk mengembangkan pusat perekonomian di Nusa Penida, hingga memberi layanan transportasi yang layak bagi masyarakat.

Disisi lain, dengan melihat antusiasnya bantuan Pemerintah Pusat yang diberikan kepada Provinsi Bali untuk mewujudkan Program Prioritas Pembangunan Infrastruktur Darat, Laut, dan Udara secara terkoneksi dan terintegrasi dalam Visi Pembangunan Daerah Bali Nangun Sat Kerthi Loka Bali melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana menuju Bali Era Baru, khususnya di bidang Pembangunan Pelabuhan Sampalan – Nusa Penida, selain Pelabuhan Sanur di Kota Denpasar, dan Pelabuhan Penyebrangan Bias Munjul – Nusa Ceningan di Kabupaten Klungkung, membuat Gubernur Koster tidak henti-hentinya memberikan pesan kepada pihak pelaksana agar pembangunan ini benar-benar dilaksanakan sesuai kontrak, dikerjakan dengan baik, cermat, dan berkualitas.

Dalam pengerjaannya juga agar melibatkan tenaga kerja dari krama Nusa Penida, dan sumber daya lokal, agar memberi manfaat secara optimal bagi masyarakat lokal dalam masa pandemi Covid-19 ini. (red)

Bagikan berita ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *