Rapid Test Massal di Pasar Galiran, Sekda Dewa Indra: “Pasar jadi klaster baru penyebaran covid-19”

Rapid Test Massal di Pasar Galiran, Sekda Dewa Indra: “Pasar jadi klaster baru penyebaran covid-19”

Foto: Sekda Bali Dewa Indra memantau langsung rapid test di Pasar Galiran, Klungkung, Selasa (23/06/2020).

Sekda Provinsi Bali Dewa Made Indra meninjau pelaksanaan rapid test di Pasar Galiran, Klungkung, Selasa (23/06/2020). Rapid test dilakukan menyusul 32 terpapar covid-19 di pasar yang terletak di pusat kota Semarapura itu.

“Pasar Galiran saat ini menjadi klaster baru penyebaran covid-19,” kata Sekda Dewa Indra disela kunjungannya didampingi Kadis Kesehatan Provinsi Bali Ketut Suarjaya, Sekda Kabupaten Klungkung, I Gede Putu Winastra serta kepala OPD terkait di Pemkab Klungkung.

Sekda Dewa Indra mendukung kebijakan Kabupaten Klungkung untuk melakukan tracing yang lebih masif lagi untuk menemukan kasus baru sehingga penanganannya menjadi lebih cepat. Secara bertahap, mulai Senin (22/06/2020) kemarin seluruh pedagang yang jumlahnya lebih dari 1.700 orang wajib menjalani rapid test.

Pedagang yang hasilnya reaktif akan segera dilanjutkan dengan pengambilan SWAB dilanjutkan uji PCR untuk memastikan benar tidaknya terinfeksi covid-19.

“Jadi langkah (rapid test massal, red) ini sangat baik dan terus kita dukung dan jika ada yang hasilnya positif setelah uji SWAb kita akan rawat di karantina,” ujarnya.

Seperti diketahui, Pasar Umum Galiran Klungkung ditutup selama tiga hari mulai tanggal 22-24 Juni 2020. Selama tak beroperasi, pasar dibersihkan dan disemprot disinfektan secara menyeluruh termasuk juga melengkapi sarana tempat cuci tangan dan infrastruktur penunjang lainnya. Para pedagang juga menjalani rapid test secara bergilir di Terminal Semarapura. (red)

Bagikan berita ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *