Safari Gemarikan di Kabupaten Klungkung, Gus Adhi “Amatra” Bagikan 300 Paket Ikan Segar Bagi Ibu-Ibu, Wanita Hamil dan Menyusui

Safari Gemarikan di Kabupaten Klungkung, Gus Adhi “Amatra” Bagikan 300 Paket Ikan Segar Bagi Ibu-Ibu, Wanita Hamil dan Menyusui

Foto: Gus Adhi "Amatra" bagikan 300 paket ikan segar di Kabupaten Klungkung.

Penabali.com – Setelah membagikan 700 paket ikan segar di Kabupaten Jembrana pada Jumat dan Sabtu, 4 – 5 Juni 2021, Anggota Fraksi Partai Golkar DPR RI Anak Agung Bagus Adhi Mahendra Putra (Gus Adhi “Amatra”) kembali “gerilya” mengedukasi masyarakat sekaligus mengkampanyekan Safari Gemarikan (Gerakan Masyarakat Makan Ikan) di Kabupaten Klungkung, Minggu (06/06/2021).

Di kabupaten dengan julukan “Bumi Serombotan” itu, Gus Adhi membagikan 300 paket ikan segar kepada ibu-ibu serta wanita hamil dan menyusui, bertempat di Balai Desa Aan, Klungkung. Turut hadir dalam acara itu, Bupati Klungkung Nyoman Suwirta dan sejumlah undangan lainnya.

“Klungkung yang wilayahnya didominiasi pesisir memiliki potensi kelautan dan perikanan yang melimpah,” kata Gus Adhi kepada awak media usai acara.

Salah satu industri hasil perikanan itu terletak di Desa Kusamba. Menurut Gus Adhi, dengan potensi yang melimpah tersebut, Kabupaten Klungkung sejatinya bisa melakukan berbagai olahan ikan yang menarik melalui diversifikasi olahan seperti sosis, nugget, bakso, kaki naga, abon ikan, dan olahan ikan lainnya.

“Kita akan dorong agar industri kelautan dan perikanan di Klungkung ini berkembang sejalan dengan potensinya sekaligus saya mengajak masyarakat agar gemar mengkonsumsi ikan minimal dua kali dalam seminggu,” tutur Ketua Depidar SOKSI Provinsi Bali ini.

Sementara itu, Bupati Klungkung Nyoman Suwirta menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan serta Gus Adhi karena telah membawa program ini ke Kabupaten Klungkung.

Bupati Suwirta mengatakan, ikan merupakan faktor konsumsi yang menjadikan kecerdasan bagi otak. Karena itu, Safari Gemarikan ini akan terus digelorakan tidak hanya sebatas seremonial saja sehingga nantinya akan melahirkan generasi-generasi penerus yang sehat, kuat, dan cerdas.

“Pengembangan kelautan dan perikanan kita genjot terus dari hulu ke hilir dan kita punya sentra pemindangan di Kusamba, ini yang kita optimalkan selain perhatian terhadap masyarakat pesisir utamanya para nelayan,” kata Bupati Suwirta.

Ada banyak manfaat bagi kesehatan kalau masyarakat rutin makan ikan minimal tiga kali dalam seminggu. Antara lain mencegah resiko penyakit jantung, stroke, dan darah tinggi, mencegah rematik dan meningkatkan imunitas tubuh, mencegah pikun dan penuaan dini, mengurangi resiko asma, sumber omega 3 untuk kesehatan mata, sumber protein dan kalsium untuk pertumbuhan anak, mengurangi resiko bayi lahir prematur, mengurangi resiko depresi, dan mengatur kadar gula darah pada penderita diabetes.

Disamping itu, selain ikan juga dapat meningkatkan imun untuk daya tahan tubuh agar lebih kuat dan terhindar dari terpapar virus corona (Covid-19), ikan juga memiliki kandungan gizi yang lengkap karena ikan memiliki peran penting bagi ibu hamil terutama 1.000 hari pertama kehidupan.

Manfaat lainnya, ikan juga sangat baik bagi perkembangan otak anak dibawah usia dua tahun, usia remaja dan lanjut usia. Ikan sebagai sumber bahan pangan sehat, juga berperan mengurangi beban penyakit sehingga dapat mewujudkan kualitas hidup masyarakat demi melahirkan generasi bangsa yang sehat, kuat, dan cerdas. (red)

Bagikan berita ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *