Melistriki 100% KK di Bali, PLN UID Bali Sabet Rekor MURI

Melistriki 100% KK di Bali, PLN UID Bali Sabet Rekor MURI

PLN Unit Induk Distribusi (UID) Bali tercatat dalam Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) karena telah berhasil melistriki seluruh rumah tangga di Bali. Penghargaan tersebut diterima langsung General Manager PLN UID Bali, Nyoman Suwarjoni Astawa, di Kantor PLN Distribusi Bali, Denpasar, Senin (07/01/2019).

Suwarjoni menyampaikan, penghargaan ini merupakan suatu kebanggaan yang tak ternilai. “Terimakasih kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi dalam pencapaian rasio elektrifikasi (RE) 100%, penghargaan ini untuk kita semua”, ujarnya disela-sela acara penghargaan.

Suwarjoni juga menambahkan, sejak Oktober 2018 seluruh masyarakat Bali sudah bisa menikmati listrik, sementara daerah yang sulit diakses diberikan lampu sehen. Keberhasilan pencapaian rasio elektrifikasi 100% yang telah diraih PLN UID Bali sebelumnya telah dideklarasikan bersama Gubernur Bali Wayan Koster pada apel upacara peringatan Hari Listrik Nasional ke-73 tanggal 27 Oktober 2019 di Lapangan Niti Mandala Renon Denpasar. “Ini merupakan wujud prestasi nyata PLN dalam menerangi Indonesia”, katanya.

Sementara itu, Direktur MURI Dr. Yusuf Ngadri menyampaikan rasa bangga karena dapat menjadi saksi dari prestasi baru yang diukir PLN Unit Induk Distribusi Bali. “Kami berharap prestasi ini tidak hanya berhenti disini, tapi mampu memotivasi daerah lain untuk meningkatkan rasio elektrifikasi,” ujarnya.

Progres rasio desa berlistrik 100% dicanangkan sejak tahun 1995 dan rasio dusun berlistrik 100% sejak tahun 2015. Rasio elektrifikasi Provinsi Bali sampai dengan tahun 2017 sebesar 96,8% (perbandingan total pelanggan tarif rumah tangga dengan total rumah tangga yang ada). Suwarjoni menyebut, masih terdapat kelompok-kelompok masyarakat yang belum terlayani menjadi pelanggan PLN dan penggunaan 1 (satu) ID Pelanggan digunakan secara berkelompok/levering. Ia menjelaskan, ini disebabkan tidak tersedianya jaringan PLN terdekat dengan calon pelanggan (daftar tunggu membutuhkan perluasan). Selain itu, juga disebabkan ada masyarakat yang belum membutuhkan dan juga tidak mampu karena alasan ekonomi.

Karena itu, untuk mencapai target rasio elektrifikasi 100% di tahun 2018, diterangkan Suwarjoni, PLN Unit Induk Distribusi Bali melakukan pemetaan rasio elektrifikasi per desa dan sekaligus pemutakhiran data khususnya jumlah rumah tangga di Bali, bekerjasama dengan Universitas Udayana. (red)

Bagikan berita ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *