Jaga Kebersihan Cegah Covid-19, Diageo Indonesia Bagikan 120.000 Botol Hand Sanitizer

Jaga Kebersihan Cegah Covid-19, Diageo Indonesia Bagikan 120.000 Botol Hand Sanitizer

Foto: Diageo Indonesia bagikan 120.000 botol hand sanitizer untuk mendukung upaya percepatan penanganan covid-19.

Sebagai wujud komitmen untuk berkontribusi dalam percepatan penanganan pandemi covid-19, Diageo Indonesia (PT Langgeng Kreasi Jayaprima) mendistribusikan 120.000 botol hand sanitizer bagi masyarakat, khususnya yang tinggal di Jakarta dan Bali.

Selain untuk membantu mencegah penyebaran covid-19, hand sanitizer ini juga diharapkan dapat membantu masyarakat mempersiapkan diri menghadapi New Normal agar selalu menerapkan higienitas dan sanitasi dalam aktivitas sehari-hari.

120.000 hand sanitizer ini telah didistribusikan baik melalui Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, maupun kepada Pemerintah Kabupaten Tabanan, BPOM Denpasar dan beberapa rumah sakit seperti klinik dan banjar-banjar di Bali melalui kerjasama dengan Yayasan Kopernik dan PT. Kangar Consolidated Industries (O-I Jakarta). Selain itu, hand sanitizer juga didistribusikan kepada mitra bisnis lokal Diageo Indonesia.

Corporate Relations Director Diageo Indonesia, Dendy A Borman, menjelaskan donasi hand sanitizer ini diharapkan dapat membantu masyarakat dalam menjaga kebersihan dan kesehatan diri untuk mencegah penularan covi-19.

“Terutama ketika kita akan beraktivitas kembali, sangatlah penting untuk tetap menjaga jarak fisik (physical distancing) serta terus menerapkan protokol kesehatan”, ujar Dendy.

Ia melanjutkan Diageo Indonesia dalam mendonasikan hand sanitizer, pihaknya berkolaborasi dengan berbagai pihak termasuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan komunitas lokal di Bali dimana perusahaan beroperasi.

“Dalam kondisi seperti ini, kolaborasi berbagai pihak sangatlah penting untuk mengambil peran dalam memerangi wabah ini. Kami berterima kasih kepada mitra strategis kami yang telah bekerja bersama untuk memproduksi dan mendistribusikan hand sanitizer ini sehingga masyarakat mendapatkan manfaatnya,“ sebutnya.

Dendy menambahkan, masyarakat Bali sangat dekat dengan hati dan bisnis Diageo Indonesia.

“Disinilah kami beroperasi, dan karenanya, Diageo Indonesia ingin berkontribusi bagi masyarakat di Bali untuk menjaga keamanan dan kebersihan diri serta bersama mendukung pemulihan negara kita melawan pandemi ini”, ungkap Dendy.

Sementara itu, Direktur Jenderal Industri Agro Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, Abdul Rochim mengatakan kerja sama dan partisipasi seluruh elemen masyarakat dapat membantu untuk melawan wabah covid-19 ini.

“Pemerintah, sektor swasta, serta LSM memiliki peran masing-masing dalam menjaga ketahanan masyarakat dari wabah covid-19 ini. Salah satu kunci untuk keberhasilan penanganan wabah ini adalah sinergi dan kolaborasi. Kami berterima kasih kepada Diageo Indonesia yang telah mengajak berbagai elemen masyarakat untuk bersinergi dalam menyediakan hand sanitizer ini“, kata Abdul Rochim.

Dalam memproduksi hand sanitizer ini, Diageo Indonesia bekerja sama dengan Yayasan Kopernik yang melibatkan UMKM di Bali.

“Melalui kolaborasi Diageo Indonesia dan Yayasan Kopernik ini, kami melibatkan UMKM yang berbasis di Bali yaitu Embun Natural dan Utama Spice, untuk memproduksi ethanol alkohol menjadi hand sanitizer. Dengan demikian, kami dapat membantu memberikan kesempatan kerja bagi penduduk lokal Bali sehingga manfaat ekonomi dari produksi hand sanitizer ini juga dapat dirasakan oleh masyarakat setempat. Kolaborasi ini telah menghasilkan hand sanitizer dengan kadar alkohol 70% siap pakai yang sangat dibutuhkan masyarakat saat ini”, jelas Chief Operating Officer (COO) Yayasan Kopernik, Ewa Wojkowska.

Langkah Diageo Indonesia lewat aksi sosialnya membagikan hand sanitizer diapresiasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tabanan. Menurut sekretarisnya, I Gusti Ngurah Made Sucita, langkah Diageo Indonesia ini dapat membantu pemerintah daerah dalam mempercepat penanganan covid-19 khususnya di Kabupaten Tabanan.

“Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Tabanan dipimpin Bupati Eka Wiryastuti, saat ini terus meningkatkan kebiasaan masyarakat untuk menjaga keamanan dan kebersihan diri dengan melaksanakan protokol kesehatan. Pemerintah Kabupaten Tabanan menyambut baik inisiatif dari berbagai pihak termasuk Diageo Indonesia, untuk bergerak bersama pemerintah daerah mendukung masyarakat membangun kebiasaan baru ini diantaranya dengan rajin menggunakan hand sanitizer saat beraktivitas di luar rumah. Bantuan hand sanitizer ini akan didistribusikan kepada berbagai kalangan masyarakat di Kabupaten Tabanan”, ucap Sucita yang juga Kepala Pelaksanaan BPBD Kabupaten Tabanan. (red)

Bagikan berita ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *