Lantik 262 Bintara TNI AD, Pangdam Udayana: Pegang Teguh Sumpah Prajurit

Lantik 262 Bintara TNI AD, Pangdam Udayana: Pegang Teguh Sumpah Prajurit

Foto: Pelantikan 262 orang Bintara dari berbagai kecabangan pada upacara penutupan Pendidikan Pembentukan Bintara (Diktukba) TNI Angkatan Darat TA. 2019.

(Pendam IX/Udayana). Danrindam IX/Udayana Kolonel Inf. Esy Suharto, S.Sos., mewakili Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto, S.I.P., melantik 262 orang Bintara dari berbagai kecabangan pada upacara Penutupan Pendidikan Pembentukan Bintara (Diktukba) TNI Angkatan Darat TA. 2019 di Lapangan Chandradimuka Rindam IX/Udayana, Tabanan, Sabtu (29/6).

Bintara TNI AD yang baru dilantik terdiri dari 13 kecabangan antara lain kecabangan Infanteri, Kavaleri, Artileri Medan, Artileri Pertahanan Udara, Zeni, Penerbad, Perhubungan, Peralatan, Perbekalan dan Angkutan, Polisi Militer, Ajudan Jenderal, Kesehatan Militer dan kecabangan Keuangan.

Pangdam Udayana dalam amanatnya yang dibacakan Danrindam Udayana menyampaikan, dengan beralih status resmi sebagai Bintara, bukanlah sekedar perubahan pangkat semata, tetapi yang terpenting dalam diri harus ada perubahan pola pikir, pola sikap dan pola tindak sebagai seorang Bintara. Karena Bintara merupakan unsur pimpinan pada level bawah yang juga memiliki tugas dan tanggungjawab sebagai pemimpin, untuk itu pupuk terus kemampuan, ilmu dan seni kepemimpinan yang telah didapatkan.

“Hal ini sangat penting mengingat di pundak para Bintara, tidak saja tugas dan tanggung jawab sebagai penghubung antara bawahan dengan pimpinan diatasnya, tetapi harus mampu mewadahi, mengerti dan memahami tentang kebijakan pimpinan dan menyampaikan kepada bawahan sesuai kebijakan tanpa ada kesalahan ataupun penjabaran yang justru rentan menyimpang dari kebijakan tersebut,” ujar Danrindam Udayana, membacakan amanat Pangdam Udayana.

Dalam amanatnya Pangdam Udayana juga menekankan kepada para Bintara yang baru dilantik, agar mematuhi semua ketentuan dan peraturan baik yang berlaku di lingkungan militer maupun di masyarakat.

“Pegang teguh dan amalkan Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI serta tetap menjaga disiplin, loyalitas dan semangat untuk tetap belajar dan berlatih secara optimal karena akan menghadapi tugas pendidikan lanjutan yang lebih berat,” pesan Pangdam Udayana.

Dari 262 Prajurit Bintara yang baru dilantik dan berhasil meraih nilai tertinggi dalam aspek Tri Pola Dasar Pendidikan antara lain, Serda Joko Mulyono tertinggi dalam aspek sikap perilaku, Serda Gede Ekayana nilai tertinggi dalam aspek pengetahuan dan ketrampilan serta Serda Ketut Anik Sumerta meraih nilai tertinggi dalam aspek jasmani militer.

Upacara pelantikan dihadiri Aspers Kasdam Udayana yang diwakili Pabandya Dik Spersdam Udayana, Dandim 1619/Tabanan, Kapolres Tabanan, para Perwira Rindam Udayana, Persit KCK Rindam Udayana, serta undangan lainnya.

Rangkaian kegiatan diakhiri dengan acara tambahan berupa demontrasi diantaranya Tari Jai, Bela Diri Yong Moodo dan PJD Baswan yang ditampilkan para prajurit yang baru dilantik menjadi Sersan Dua yang mengundang decak kagum para undangan dan para hadirin yang menyaksikannya. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *