Bakamla Sambas dan Posmat TNI AL Pemangkat Tanam Mangrove

Berita, Nasional19 Views

(Humas Bakamla). Sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan perairan, Stasiun Pemantauan Keamanan dan Keselamatan Laut (SPKKL) Sambas bersama dengan Pos Pengamat TNI AL melakukan kegiatan penanaman ratusan pohon mangrove, di Pelabuhan Rakyat Dusun Banjar Kuala Tanjung Batu, Desa Pemangkat Kota, Tanjung Batu, Kec. Pemangkat, Kab. Sambas, Kalimantan Barat, beberapa hari lalu.

Penanaman pohon mangrove ini dimaksudkan untuk mencegah abrasi yang disebabkan air pasang. Kegiatan tidak hanya melibatkan Bakamla dan TNI AL, namun juga masyarakat nelayan Banjar Kuala yang tampak antusias turut serta dalam proses penanaman itu. Selain untuk menahan air, warga setempat juga berharap pohon bakau ini nantinya bisa menjadi tempat bersarangnya kepiting, yang bisa dijual atau sekedar menjadi bahan makanan.

Disela-sela waktu rehat seusai tanam mangrove, dilakukan pula sosialisasi oleh Kepala SPKKL Sambas Mayor Bakamla Arief Purwantono dan Danposmat TNI AL Pemangkat Peltu Bah Kurniawan Aryo Bimountuk untuk mengedukasi masyarakat nelayan terkait area tangkap untuk nelayan dengan kapal 3 GT atau lebih, agar tidak memasuki area tangkap nelayan tradisional. Hal ini mengingat seringnya terjadi perselisihan area tangkap di perairan Jawai Selatan antara nelayan kapal 3 GT dengan nelayan tradisional yang menggunakan mesin tempel. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *