Bersama Polri, TNI Jaga Stabilitas Keamanan di Jayapura dan Wamena

Bersama Polri, TNI Jaga Stabilitas Keamanan di Jayapura dan Wamena

Foto: Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto saat memberi keterangan kepada wartawan usai puncak peringatan Hut ke-74 TNI, Sabtu (5/10/2019).

Disela-sela puncak peringatan Hut ke-74 TNI di Taxy Way Echo Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (5/10/2019), Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto kepada awak media mengatakan, TNI juga menggelar kekuatan dalam rangka mendukung Polri di beberapa tempat termasuk di Jayapura dan Wamena. Tujuannya untuk memberikan kepercayaan kepada masyarakat yang ada  di Wamena, dilaga, termasuk sipil.

“Stabilitas keamanan terus akan kita jaga sehingga perekonomian di wilayah-wilayah tersebut dapat berjalan dengan baik. Itu yang kita upayakan dan sudah berkoordinasi dengan Menpupera, akan segera merehabilitasi gedung-gedung yang rusak termasuk akan dibangun hunian sementara untuk para pengungsi,” jelas Panglima TNI didampingi Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa, Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, dan Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna.

Terkait dengan logistik, Panglima TNI menyatakan tidak ada kendala berarti seperti bantuan kesehatan termasuk dapur lapangan di Wamena, semuanya berjalan dengan baik. Khusus di Wamena yang   berada di Koramil, Kodim maupun Polsek masih ada sekitar kurang lebih 3.800 pengungsi. Sedangkan di Jayapura diperkirakan sekitar kurang lebih  8.600 pengungsi, tapi yang ada di penampungan kurang lebih 3.500, sedangkan 5.000 pengungsi ikut saudaranya yang ada di wilayah Jayapura.

“Dengan demikian banyak masyarakat Papua atau masyarakat pendatang menginginkan permasalahan di Papua segera tuntas dan stabilitas keamanan juga bisa dikembalikan seperti sedia kala,” imbuhnya. (red)

Bagikan berita ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *