Drumband Satgas Yonmek XXIII-M/Unifil Meriahkan Natal di Lebanon Selatan

(Pen Konga XXIII-M/Unifil). Memenangkan hati dan pikiran rakyat merupakan salah satu cara untuk dapat menunjang keberhasilan setiap pelaksanaan tugas bagi prajurit TNI, terlebih bangsa Indonesia merupakan negara yang menganut sistem pertahanan Sishankamrata (Sistem Pertahanan Rakyat Semesta), dimana rakyat menjadi komponen dasar dalam upaya untuk mempertahankan keamanan negara. Hal ini tentunya menuntut adanya hubungan dan komunikasi yang baik antara prajurit TNI dengan masyarakat, sehingga dapat mewujudkan sistem pertahanan yang kokoh dan kuat.

Berangkat dari bekal kemampuan merebut hati dan pikiran rakyat atau lebih dikenal dengan istilah kemampuan teritorial, hal inilah yang diimplementasikan oleh prajurit-prajurit Satuan Tugas Batalyon Mekanis (Satgas Yonmek) Konga XXIII-M/Unifil atau Indonesian Battalion (Indobatt) dipimpin Letkol Inf. Arfa Yudha Prasetya sebagai Komandan Satgas dalam menjalani pelaksaaan tugas sebagai pasukan perdamaian di Lebanon.

Satgas Yonmek XXIII-M/Unifil (United Nations Interim Force In Lebanon) bagi warga Lebanon ini belum genap satu bulan dalam melaksanakan tugas di Lebanon, namun berbagai kegiatan dalam rangka melanjutkan perjuangan dari satgas sebelumnya demi mengharumkan nama baik bangsa Indonesia di dunia Internasional terus berlanjut.

Hal ini dapat diwujudkan dengan berbagai kegiatan dalam usaha untuk menjalin hubungan yang baik dengan masyarakat Lebanon setelah sebelumnya sukses dalam menggelar kegiatan pemberian tali asih kepada anak-anak sekolah yang berada di Desa El Edaisse, Lebanon Selatan (Public School).

Satgas Yonmek XXIII-M/Unifil kembali menyapa masyarakat di Lebanon Selatan dengan penampilan Military Drumband “Ujwala Yudha” sehari menjelang Natal, Senin (24/12/2018), berhasil memukau ribuan pasang mata di Kota Deir Meisme, Lebanon Selatan yang merupakan salah satu wilayah dalam AOR (Area of Responsibility) Satgas Indobatt.

Drumband merupakan jenis keterampilan yang dimiliki prajurit-prajurit Satgas Yonmek TNI Konga XXIII-M/Unifil ini merupakan hasil binaan dari Lettu Inf. Suryadi, yang juga merupakan salah satu Komandan Kompi Satgas Yonmek XXIII-M/Unifil.


Kegiatan dimulai dengan pembukaan acara parade penyambutan Hari Natal, kemudian dilanjutkan dengan atraksi dari Military Drumband “Ujwala Yudha” Satgas Yonmek XXIII-M beserta beberapa badut dan pemeran Santa Claus.

Kegiatan berlanjut dengan pelaksanaan kirab Drumband berjarak sekitar lebih dari dua kilometer, sepanjang perjalanan atraksi Drumband ini disambut dengan sapaan hangat, lambaian tangan dan kekaguman juga siraman bunga dari warga masyarakat yang tinggal di daerah Deir Meisme, dengan perasaan kagum dan bahagia dapat menyambut Natal dengan cara yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Kegiatan yang berlangsung dibawah siraman air hujan yang membasahi sepanjang perjalanan parade dapat terlaksana dengan baik tidak terlepas dari peran Chief Cimic Officer Kapten Inf. Yoel Sry Liga, S.Sos yang bahu membahu bersama Cimic Officer Kapten Ctp Sudaryanto berhasil meyakinkan pimpinan di Kota Deir Meisme, Spanbatt (Satgas dari Negara Spanyol) dan Staff G-9 Unifil, sehingga seluruh rangkaian kegiatan dimulai dari tahap perencaan sampai dengan akhir dapat berjalan dengan sukses dan meriah. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *