Tampilan Baru Pada Situs Web dan Aplikasi, AirAsia Perkenalkan “Chatbot”

Tampilan Baru Pada Situs Web dan Aplikasi, AirAsia Perkenalkan “Chatbot”

(dari kanan) Chief Product Officer AirAsia Nikunj Shanti, Deputi CEO Grup AirAsia bidang Digital, Transformasi & Layanan Korporasi, Aireen Omar, Chief Customer Happiness Officer AirAsia Adam Geneave, Head of Software Engineering Grup AirAsia Elias Vafiadis, Head of Innovation & Product Transformation AirAsia Kenneth Andersson, saat peluncuran ‘chatbot’ AirAsia yang diberi nama AVA dan tampilan baru aplikasi dan situs web AirAsia.

AirAsia baru saja memperkenalkan tampilan baru situs web dan aplikasi, serta ‘chatbot’ yang diberi nama AVA (AirAsia Virtual Allstar) dengan kemampuan kecerdasan buatan/artificial intelligence (AI). Tampilan situs web airasia.com dan aplikasi AirAsia terbaru ini didesain sesuai keinginan pelanggan, dan dirancang untuk menghadirkan pengalaman penggunaan yang mulus dan ramah pengguna bagi 3.3 juta pengguna aktifnya per bulan untuk kebutuhan pemesanan tiket, informasi promosi, belanja online, dan bantuan pelanggan.

Adapun fitur baru yang diperkenalkan antara lain : halaman utama. Tampilan baru halaman utama didesain lebih komprehensif untuk navigasi yang lebih mudah dan cepat, termasuk notifikasi penerbangan, pintasan pencarian dan pencarian terakhir, tautan ke penawaran terbaik untuk hotel, agen perjalanan, belanja produk bebas cukai, pilihan aktivitas, dan rekomendasi destinasi, serta aplikasi pembayaran AirAsia, BigPay, Chatbot AVA. AVA adalah ‘chatbot’ dengan kemampuan kecerdasan buatan yang tersedia pada fitur live chat untuk menanggapi pertanyaan pelanggan secara cepat. AVA saat ini tersedia dalam bahasa Indonesia, Inggris, Malaysia, Thailand, Vietnam, Korea, dan Mandarin. AVA dibangun oleh tim Customer Happiness AirAsia dan AirAsia Software Engineering and Technology (AASET) menggunakan teknologi Ada, sebuah perusahaan berbasis di Toronto, Kanada, yang mempunyai spesialisasi membangun pengalaman pelanggan dengan kemampuan kecerdasan buatan/artificial intelligence (IA).

Fitur Pencarian Penerbangan dilengkapi Peta/New Flight Search with Map Pengguna perangkat dengan sistem operasi iOS sekarang dapat memilih destinasi yang ingin dikunjungi melalui peta interaktif yang memperlihatkan seluruh destinasi AirAsia dalam satu halaman. Fitur ini merupakan yang pertama diterapkan pada aplikasi maskapai.

Pilihan Kombinasi Bandara/Combined Station Picker Fitur ini merupakan yang pertama diterapkan pada aplikasi maskapai untuk sistem operasi iOS, dan memungkinkan pengguna memilih bandara keberangkatan dan ketibaan terdekat dan menyaringnya sesuai
dengan jumlah transit dan durasi penerbangan.

Bantuan Berbasis Suara/Voice Assistant Pengguna perangkat berbasis iOS kini dapat mengetahui status penerbangannya dengan bertanya kepada Siri. Untuk menggunakan fitur ini, klik Tambahkan ke Siri/Add to Siri yang terdapat pada bagian Rincian Penerbangan/Flight Itinerary atau Pemesanan Saya/My Bookings. Registrasi FACES Pelanggan juga dapat mendaftarkan rekam wajahnya melalui aplikasi AirAsia untuk menikmati fasilitas Fast Airport Experience Clearance System (FACES) AirAsia yang memudahkan saat proses pemeriksaan keamanan dan masuk pesawat di bandara. Klik Akun Saya/My Account dan My FACES, lalu rekam video wajah selama 5 detik.

Selain dari fitur tersebut, penumpang juga dapat mencari harga terendah menggunakan Low Fare Calendar
yang telah terintegrasi di dalam aplikasi, mendapatkan poin serta melakukan pembayaran menggunakan poin AirAsia BIG serta diskon langsung khusus anggota dengan cara log-in saat menggunakan aplikasi.

“Kami sangat bersemangat menyambut tahun baru ini dengan tampilan baru situs web dan aplikasi kami yang mengintegrasikan fitur AI, serta mengedepankan kemampuan yang membuat pengalaman pengguna menjadi lebih baik, lebih cepat, dan lebih intuitif. Kami selalu berupaya menyempurnakan pengalaman pelanggan dan akan terus menambah fitur-fitur aplikasi dalam beberapa bulan ke depan sehingga kegunaan aplikasi ini tidak hanya terbatas untuk memesan tiket, tetapi sebagai pendamping perjalanan Anda. Kami menyarankan pengguna baru untuk mengunduh aplikasi versi terbaru ini gratis dari App Store atau Google Play untuk merasakan sendiri pengalamannya”, jelas Deputi CEO Grup AirAsia bidang Digital, Transformasi dan Layanan Korporasi, Aireen Omar.

Dijelaskan, pengguna aplikasi AirAsia dapat menikmati potongan harga 19% untuk pemesanan melalui aplikasi mulai 28 Januari hingga 3 Februari 2019 untuk keberangkatan mulai 1 Agustus hingga 30 November 2019 dengan memasukkan kode promo MOBILE19. Untuk informasi terkini terkait promosi dan kegiatan AirAsia lainnya, ikuti akun media sosial kami di Twitter (@AirAsia_indo), Facebook (facebook.com/AirAsia), dan Instagram (@AirAsia_BhsIndonesia). (red)

Bagikan berita ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *