Ketum Yayasan Tunas Muda: Implementasi Kurikulum 2013 Paud Jadi Acuan Wujudkan Tujuan Pendidikan Nasional

(Puspen TNI). Ketua Umum Yayasan Tunas Muda IKKT Ny. Nanny Hadi Tjahjanto saat menutup Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) dengan tema “Peningkatan Kapasitas Implementasi Kurikulum 2013 Paud Tahun 2019”, di Aula IKKT Pragati Wira Anggini, Jl. Proklamasi No. 33, Jakarta Pusat, Rabu (23/10/2019), mengatakan implementasi kurikulum 2013 pendidikan anak usia dini (PAUD) dapat berfungsi sebagaimana dalam perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan tindak lanjut, pendidikan dalam rangka mewujudkan PAUD bermutu, menjadi acuan setiap satuan dan program PAUD untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional, dan sebagai dasar penjaminan mutu PAUD.

Ny. Nanny Hadi Tjahjanto menjelaskan pentingnya masa usia keemasan anak usia dini (golden age), maka peran stimulan juga sangat menentukan, seperti lingkungan yang representatif dan kondusif.

“Anak memiliki kesempatan untuk mengembangkan seluruh aspek potensi dirinya, termasuk aspek perkembangan dan pertumbuhan, mencakup aspek nilai-nilai agama dan moral, fisik-motorik, kognitif, bahasa, sosial-emosional, dan seni atau yang lebih dikenal dengan pendidikan anak usia dini terpadu dengan pendekatan holistik integratif,” ujar Ny. Nanny.

Lebih lanjut dikatakan Ketua Umum Yayasan Tunas Muda, untuk mewujudkan pelayanan pendidikan anak memiliki standar proses yang mencakup perencanaan pembelajaran dilakukan dengan pendekatan dan model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan, karakteristik anak, serta budaya lokal. Kemudian pelaksanaan pembelajaran meliputi Program Semester (Prosem), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM), dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH).

Selanjutnya, evaluasi pembelajaran mencakup evaluasi proses dan hasil pembelajaran yang dilakukan oleh pendidik untuk menilai keterlaksanaan rencana pembelajaran dan pengawasan pembelajaran merupakan proses penilaian serta pengarahan dilakukan oleh kepala satuan atau program PAUD terhadap Guru PAUD/Guru Pendamping/Guru Pendamping Muda dalam perencanaan pelaksanaan pembelajaran.

Dalam Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini, yang diikuti 80 orang guru Paud dari Yayasan Tunas Muda, Yayasan Kartika Jaya, Yayasan Ardhya Garini dan Yayasan Hangtuah, telah diberikan pembekalan diantaranya mengenai “Pengembangan Bahasa dan Matematika Anak Usia Dini” oleh Dr. Yuliani Nurani, M.Pd., “Pengelolaan Kelas Bermuatan STEAM dengan Menggunakan Loose Parts” oleh Iswadi Idris, M.Pd., Steam dan “Pelatihan Penguasaan Kompetensi Music and Movement untuk menjadi guru Paud professional” oleh Dr. Phil. Leli Kurniawati, S.Pd., M.Mus. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *