Masa Covid-19, TNI Kirim 12,9 Ton Bantuan Kemanusiaan bagi Korban Topan Harold

Masa Covid-19, TNI Kirim 12,9 Ton Bantuan Kemanusiaan bagi Korban Topan Harold

TNI mengirimkan 12,9 ton bantuan kemanusiaan berupa bahan-bahan makanan dan minuman serta beberapa barang lainnya seperti tenda peleton, tenda regu, handuk, selimut. Bantuan disalurkan kepada korban bencana alam topan tropis Harold yang telah menghantam Republik Fiji, beberapa waktu lalu.

Upacara pemberangkatan bantuan kemanusiaan dari Pemerintah Indonesia ke Pemerintah Republik Fiji dipimpin langsung Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P., di Base Ops Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Selasa (12/5/2020).

Panglima TNI menyampaikan bantuan kemanusiaan tersebut menunjukkan eratnya hubungan kedua negara. Sebagai negara yang bersahabat sudah tentu akan saling bantu saat dibutuhkan. Semua tentunya berharap, semoga bantuan ini dapat meringankan beban rakyat Fiji dan dapat mempererat hubungan baik kedua negara.

Pada tanggal 8 April 2020 yang lalu, topan Harold menerjang negara-negara di Pasifik Selatan. Vanuatu, Fiji dan Kepulauan Solomon menjadi korban keganasan badai tropis Harold yang terbentuk di Samudera Pasifik bagian selatan.

Topan Harold yang menerjang Fiji satu bulan yang lalu merupakan topan kategori 5 dengan kecepatan angin lebih dari 200 km per jam. Terjangan Harold di Fiji telah merusak bangunan, rumah-rumah penduduk, banjir di sebagian wilayah dan terputusnya aliran listrik serta fasilitas komunikasi. Bencana ini tentu saja menambah kesulitan Fiji ditengah pandemi covid-19 yang juga melanda negara-negara Pasifik Selatan.

Meskipun Indonesia saat ini mengalami masa sulit akibat pandemi covid-19, tetapi tidak mengurangi semangat kemanusiaan untuk memberikan bantuan kepada rakyat Fiji yang mengalami bencana berlipat ganda.

Bantuan kemanusiaan akan diberangkatkan dengan menggunakan pesawat Hercules C130 seri A1318 milik TNI AU pada Rabu (13/5/2020) pukul 05.00 WIB, diperkirakan akan tiba di Fiji pada hari Kamis (14/5/2020) pukul 22.00 waktu setempat.

Pada hari Jumat 15 Mei 2020, Pesawat Hercules berangkat kembali menuju tanah air dengan membawa 29 WNI dari Fiji.  WNI yang ikut kembali ke tanah air dipastikan telah melakukan Rapid Test Covid-19, selanjutnya setelah tiba di tanah air akan menjalani protokol kesehatan. (red)

Bagikan berita ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *