“Napak Tilas” Perjuangan Pangeran Diponegoro, Danrem Pamungkas Gowes Historis Sejauh 16 Km

“Napak Tilas” Perjuangan Pangeran Diponegoro, Danrem Pamungkas Gowes Historis Sejauh 16 Km

Gowes Historis dan Baksos Korem 072/Pamungkas di Goa Selarong Bantul. (foto: ist.)

Yogyakarta (Penabali.com) – Guna mengenang sejarah perjuangan Pangeran Diponegoro, Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Afianto melaksanakan olahraga bersepeda santai (Gowes) dan Bakti Sosial (Baksos) bersama Trah Pangeran Diponegoro di Goa Selarong, Bantul, beberapa waktu lalu.

Adapun route Gowes yang dilalui napak tilas Pangeran Diponegoro, start dari Monumen Diponegoro (Mundip) Tegalrejo Kota Yogyakarta melalui Wirobrajan dilanjutkan perempatan Ring Roud Barat Gamping melewati Universitas Muhammadyah Yogyakarta (UMY) dilanjut perempatan Kasihan Bantul menuju Bangunjiwo Bantul selanjutnya finish di Goa Selarong, Bantul dengan jarak tempuh 16 Km.

Di lokasi Goa Selarong, Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Afianto melaksanakan Bakti Sosial berupa pembagian sembako dan tali asih kepada masyarakat lansia di sekitar wilayah Goa Selarong, Bantul yang terdampak situasi pandemi Covid-19.

“Kegiatan yang kita ambil hikmah sejarahnya napak tilas Pangeran Diponegoro, karena Pangeran Diponegoro merupakan tokoh penting dalam Perang Jawa saat melawan penjajahan Belanda,” kata Danrem.

“Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa para pahlawannya,” sambungnya.

Lebih lanjut Danrem 072/Pamungkas menjelaskan, kegiatan gowes ini diikuti Trah Pangeran Diponegoro yang tinggal di Yogyakarta, dengan Ketua Paguyuban Trah Pangeran Diponegoro (Patra Padi) R. Rahadi Saptata Abra, S.Si., M.B.A., sehingga untuk menjaga hubungan tali silaturahmi antara Korem 072/Pamungkas dengan Trah Pangera Diponegoro

R. Rahadi Saptata Abra, S.Si., M.B.A., selaku Ketua Paguyuban Trah Pangeran Diponegoro (Patra Padi) beserta keluarga besar Pangeran Diponegoro menyampaikan ucapan terima kasih kepada Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Afianto, yang telah ikut berpartisipasi dalam kegiatan Gowes bareng Korem 072/Pamungkas.

Dalam kegiatan Gowes diikuti Kasrem 072/Pamungkas Kolonel Inf Heri Dwi Subagyo, para Kasi Korem 072/Pamungkas, para Dandim, para Dan/Ka Satdisjan jajaran Korem 072/Pamungkas dan para Kabalakrem 072/Pamungkas. (Penrem072/Pmk). (rls)

Bagikan berita ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *