Panglima TNI Lepas Atlet KOMI TNI dan Karate Indonesia ke Kejuaraan Dunia

Panglima TNI Lepas Atlet KOMI TNI dan Karate Indonesia ke Kejuaraan Dunia

(Puspen TNI). Para atlet TNI yang tergabung dalam Kontingen Komite Olahraga Militer Indonesia (KOMI) akan mengikuti kejuaraan kelas dunia dalam 7th CISM (Conseille International du Sport Militaire) Military World Games 2019 atau Olimpiade Militer Tingkat Dunia ke-7 tahun 2019 di Wuhan, Republik Rakyat Tiongkok, tanggal 17-29 Oktober 2019.

Cabang olahraga yang diikuti para atlet KOMI TNI meliputi anggar dan panahan masing-masing tiga orang, atletik, layar, dan judo masing-masing delapan atlet, menembak sembilan orang, taekwondo 6 enam orang, terjun payung 15 orang dan cabang olahraga triathlon mengirim tujuh orang atlet. Sedangkan jumlah seluruh personel yang diberangkatkan sebanyak 77 orang terdiri dari 68 atlet dan pelatih serta official 9 orang.

Sedangkan kejuaraan Federasi Karate Dunia yang akan berlangsung tanggal 23-27 Oktober 2019 di Santiago Chile, FORKI memberangkatkan 30 orang atlet. Mereka akan turun di kelas Cadet, Junior, dan Under -21.

Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P., dalam sambutannya saat melepas keberangkatan Kontingen TNI di Subden Mabes TNI, Jalan Merdeka Barat No. 2 Jakarta Pusat, Senin (14/10/2019), menyampaikan rasa bangga karena Indonesia kembali mengirimkan atlet-atlet terbaiknya mengikuti kejuaraan kelas dunia.

“Saya yakin karateka-karateka Indonesia dan atlet-atlet TNI siap untuk bertanding dan unjuk prestasi di dua kejuaraan dunia tersebut,” kata Marsekal TNI Hadi Tjahjantos yang juga selaku Ketua Umum Pengurus Besar Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (PB FORKI).

Menurutnya, jerih payah dan kerja keras para atlet selama ini tidak akan sia-sia. “Kita harus percaya diri dan bertanding dengan penuh keyakinan. Tidak ada lawan yang tidak dapat kita kalahkan dan kita akan dapat mempersembahkan prestasi terbaik,” tuturnya.

“Saudara-saudara telah diseleksi dan mengikuti pemusatan latihan. Pengalaman bertanding dan pemusatan latihan tentunya menjadi bekal yang sangat penting dalam menghadapi kejuaraan yang sangat kompetitif ini,” tambahnya.

Panglima TNI mengatakan, selain latihan dan percaya pada diri sendiri, terdapat hal lain yang juga menunjang prestasi para atlet, yaitu semangat juang dan semangat untuk memberikan hasil yang terbaik bagi bangsa dan negara.

“Seluruh masyarakat Indonesia menaruh kepercayaan di pundak para karateka dan atlet TNI sekalian. Kami semua dan keluarga di rumah tentunya senantiasa berdoa agar para atlet karate Indonesia serta atlet TNI dapat mengibarkan Sang Merah Putih dan mengharumkan nama Indonesia. Jadikan itu sebagai cambuk dan pembakar motivasi dalam bertanding nanti,” tegas Panglima TNI.

Panglima TNI juga mengingatkan para atlet untuk memanfaatkan waktu dengan positif, sehingga mampu menjaga stamina dan kesehatan.

“Pelajari dan temukan kekurangan diri sendiri agar segera dapat dieliminir, sehingga kekuatan kita menjadi maksimal,” ucap Panglima TNI.

Hadir pada kesempatan tersebut diantaranya, Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna yang juga Ketua Umum PB Fasi, Wakasad Letjen TNI Tatang Sulaiman, Irjen TNI Letjen TNI Muhammad Herindra, Ketum Ikatan Anggar Seluruh Indonesia Agus Suparmanto, Ketum Persatuan Judo Seluruh Indonesia Jenderal TNI (Purn) Mulyono, Ketum Taekwondo Indonesia Letjen TNI (Purn) Thamrin Marzuki, Ketum Persatuan Olahraga Layar Seluruh Indonesia Laksdya TNI (Purn) Darwanto, Ketum Federasi Panjat Tebing Indonesia Brigjen TNI Joko Warsito, dan Ketum Persatuan Panahan Indonesia Kelik Wirawan. (red)

Bagikan berita ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *