Panglima TNI Perintahkan Seluruh Jajaran TNI Bantu Penanganan Covid-19

Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P., melaksanakan rapat kerja dengan jajaran TNI melalui video conference, bertempat di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (4/5/2020).

Rapat kerja mengagendakan tentang kebijakan pemerintah dan arahan Presiden terkait penanganan covid-19 di Indonesia dan diikuti para Kepala Staf Angkatan, Pangkotama dan seluruh Pejabat Utama TNI, dengan materi evaluasi peranan TNI dalam penanganan pandemi covid-19 di Tanah Air.

Panglima TNI menjelaskan sejak awal TNI telah terlibat dalam sejumlah upaya penanganan, mulai dari evakuasi WNI, distribusi alat pelindung diri (APD) ke seluruh provinsi, menjaga pintu masuk di perbatasan negara, hingga penegakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).  Selain itu, TNI juga membantu memastikan arus dan jalur logistik tidak mengalami kendala dan membantu menyalurkan bantuan logistik ke masyarakat yang membutuhkan.

Marsekal TNI Hadi Tjahjanto secara khusus memberikan apresiasi kepada satuan dan personel TNI yang memiliki inovasi dan kreativitas untuk membantu kesulitan rakyat di sekelilingnya. Salah satunya inovasi dan kreatifitas yang ditunjukan personel Babinsa Kodim 0906/Tenggarong yang membuat alat sterilisasi dompet, uang, dan telepon seluler.

Foto: Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Dalam video conference tersebut, Panglima TNI menyapa langsung Babinsa-17 Ramil 0906-13/Tabang, Serda M. Nurdin dan Dandim 0906/Tenggarong Letkol Inf. Charles Alling, S.E., M.MDS.

Panglima TNI juga menerima laporan dari Pangdam Jaya/Jayakarta, Pangdam III/Siliwangi, Pangdam IV/Diponegoro, Pangdam V/Brawijaya, Asisten Operasi Kasal dan Asisten Operasi Kasau terkait evaluasi tugas yang telah dilaksanakan.

Dalam rapat yang dilakukan secara daring tersebut, Panglima TNI memberikan penekanan untuk dilaksanakan oleh seluruh satuan jajaran TNI seperti TNI harus terus mendukung pemerintah dalam penanganan dari sisi kesehatan, pemberian jaring pengaman sosial, dan pemulihan ekonomi. Upaya yang harus dilakukan diantaranya membantu pengambilan sampel yang masif, pelacakan secara agresif, dan karantina yang ketat.

Selain itu, TNI tetap membantu penyaluran bantuan sosial kepada masyarakat. TNI juga tetap mencermati perkembangan lingkungan strategis serta menyiapkan langkah antisipasinya, termasuk diantaranya mewaspadai kebakaran hutan dan lahan saat musim kemarau nanti. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *