Rai Wirajaya: Sebagai Warga Negara yang Baik, Jangan Golput

DPR RI dari PDI Perjuangan nomor urut 4 dapil Denpasar, I Gusti Agung Rai Wirajaya, meminta masyarakat Bali menggunakan hak politiknya untuk memilih caleg DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi/Kabupaten dan Kota, serta Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden pada Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden yang akan digelar bersamaan tanggal 17 April 2019.

“Sebagai warga negara Indonesia yang taat hukum, saya himbau agar nanti tanggal 17 April 2019 datang ke TPS dan gunakan hak politik untuk mencoblos para calon legislatif dan calon presiden. Jangan golput,” kata Rai Wirajaya, saat bertatap muka dengan masyarakat dan keluarga Ikawangi Kota Denpasar, usai meresmikan Warung Begok di Jl. Tukad Badung No. 88 Denpasar, Jumat (29/3) malam.

Rai Wirajaya yang saat ini masih aktif sebagai anggota Komisi XI DPR RI Fraksi PDI Perjuangan dari Daerah Pemilihan Bali, mengatakan pemilu merupakan hajatan setiap lima tahun sekali sebagai bagian dari proses demokrasi yang harus dilaksanakan. Demokrasi ini juga merupakan legitimasi jalannya roda pemerintahan sehingga masyarakat khususnya yang memiliki hak suara untuk memilih, wajib datang ke TPS dan menggunakan hak politiknya, hak suaranya dengan baik.

“Pilihlah sesuai hati nurani dan tanpa paksaan dari pihak manapun. Apalagi kalau diiming-imingi uang,” ujar politisi dari Peguyangan ini.

Ditegaskan pula, pemilu yang mengusung asas langsung, umum, bebas, rahasia (LUBER) harus diartikulasikan sebagai proses memilih wakil rakyat dan pemimpin negeri ini sesuai hati nurani pemilih. Pemilu merupakan salah satu usaha untuk memengaruhi rakyat secara persuasif (tidak memaksa).

“Jangan bertanya kalau saya memilih saya dapat apa, kalau tidak mencoblos saya dapat apa, jangan. Ini pemilu tiap lima tahun sekali. Jadi datanglah ke TPS dan gunakan hak pilih dengan baik”, tutup anggota DPR RI yang merakyat dan totalitas memperjuangkan masyarakat Bali di tingkat pusat. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *