Resepsi Diplomatik TNI di Abuja, Rajut Hubungan Kerjasama Militer Indonesia dan Nigeria

Resepsi Diplomatik TNI di Abuja, Rajut Hubungan Kerjasama Militer Indonesia dan Nigeria

Guna merayakan sekaligus memeriahkan Hut ke-74 TNI di luar negeri, Kedutaan Besar RI Abuja yang dimotori Kantor Atase Pertahanan (Athan) RI menyelenggarakan Resepsi Diplomatik di Ladi Kwali Conference Centre, Hotel Sheraton, Abuja, Nigeria.

Bertindak selaku tuan rumah dalam acara Resepsi Diplomatik yang diselenggarakan beberapa waktu tersebut, yakni Athan RI di Nigeria Kolonel Arh Bangun Manahan Tanjung bersama-sama dengan Duta Besar RI di Abuja Nigeria, H.E. Marsekal Muda TNI (Purn) Dr. Usra Hendra Harahap.

Resepsi dihadiri lebih dari 250 orang, diantaranya para Duta Besar negara sahabat, para counterpart (mitra kerja) dari Kementerian Pertahanan dan Angkatan Bersenjata Nigeria serta instansi pemerintah Nigeria, para Atase Pertahanan sahabat yang bertugas di Nigeria, warga negara Indonesia di Abuja dan para undangan lainnya.

Sementara tamu VIP yang hadir diantaranya puteri kandung dari Presiden Nigeria yaitu Ms. Zahra Buhari. Namun yang menjadi Guest of Honour dalam acara resepsi tersebut yaitu Brigadir Jenderal Emmanuel Akomaye Parker Udiandeye, Director Foreign Liaisonof Defence Intelligence Agency (DIA) mewakili AVM MS. Usman, Chief of Defence Intelligence (CDI).

Sambutan singkat dari Athan RI mengawali Resepsi Diplomatik. Dilanjutkan sambutan Duta Besar RI Abuja, dan diakhiri sambutan dari Guest of Honour. Setelah itu para tamu melakukan toast dan pemotongan kue tart Hut ke-74 TNI yang dirangkai dengan acara ramah tamah dan menikmati hidangan makan malam bersama.

Pada kesempatan tersebut, Brigjen Emmanuel Akomaye Parker Udiandeye menyampaikan ucapan selamat berulang tahun yang ke-74 kepada seluruh anggota TNI dimanapun berada dan bertugas.

“Saya berharap di masa depan kerja sama militer dan pertahanan antara Indonesia dan Nigeria dapat segera terwujud, baik dalam bidang pendidikan dan latihan serta pengadaan Alutsista,” ucapnya.

Athan RI di Nigeria Kolonel Arh Bangun Manahan Tanjung menyampaikan, acara resepsi tersebut merupakan agenda perdana yang diadakan Kantor Athan RI di Nigeria dalam rangka memperingati Hut ke-74 TNI, mengingat beberapa tahun sebelumnya acara resepsi tersebut sempat vakum atau tidak pernah dilaksanakan seiring dengan kebijakan penutupan Kantor Athan RI pada tahun 2009.

Namun sejak Kantor Athan RI di Abuja dibuka kembali pada akhir tahun 2018 lalu, aktivitas kerja sama militer pertahanan RI dengan Angkatan Bersenjata Nigeria dan negara-negara sahabat meningkat secara signifikan. Termasuk diantaranya menjalin komunikasi dengan para atase militer dan pertahanan dari berbagai negara asing yang ada di Nigeria.

“Respon yang kami terima sangat baik dan positif. Buktinya dapat dilihat dari banyaknya tamu undangan yang hadir dalam acara Resepsi Diplomatik ini. Bahkan secara mengejutkan Presiden Nigeria berkenan mengutus puteri kandungnya untuk hadir. Momen ini adalah sesuatu yang langka dan belum pernah terjadi pada acara resepsi di tempat lain,” ungkapnya.

Selanjutnya dikatakan, resepsi ini merupakan upaya Indonesia, khususnya TNI untuk bisa meningkatkan hubungan dan kerja sama militer dengan para Athan dan Diplomat dari berbagai negara, khususnya yang bertugas di Republik Federal Nigeria.

Menurut Perwira TNI AD alumni Akmil 1997, kegiatan resepsi tersebut merupakan event yang sangat penting dan strategis bagi Indonesia guna menjalin komunikasi antar sesama Atase pertahanan dan militer negara-negara sahabat.

“Semoga kegiatan tersebut dapat menciptakan hubungan dan kerja sama militer yang lebih baik dan lebih erat di masa depan,” harapnya. (red)

Bagikan berita ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *