Setahun Bertugas Amankan Perbatasan RI-PNG, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 411 dan 406 Tinggalkan Daerah Operasi

Setahun Bertugas Amankan Perbatasan RI-PNG, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 411 dan 406 Tinggalkan Daerah Operasi

Foto: Upacara pelepasan Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis Raider 411/Pandawa Kostrad dan Yonif 406/Chandra Kusuma di Pelabuhan Umum Yos Sudarso Merauke, Senin (22/6/2020).

Setelah bertugas selama setahun periode 2019-2020, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis Raider 411/Pandawa Kostrad dan Yonif 406/Chandra Kusuma akhirnya memasuki purna tugasnya. Upacara pelepasan dilaksanakan di Pelabuhan Umum Yos Sudarso Merauke, Senin (22/6/2020), dan bertindak sebagai pemimpin upacara, Danrem 174/Anim Ti Waninggap Brigjen TNI Bangun Nawoko.

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab dalam amanatnya yang dibacakan Danrem Brigjen TNI Bangun Nawoko, menyampaikan berdasarkan pengamatan dan laporan yang diterima, satuan ini cukup berhasil dalam melaksanakan tugas di daerah operasi sebagai Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-PNG.

Hal ini membuktikan para prajurit telah berhasil membangun interaksi yang baik dengan masyarakat melalui implementasi dari nilai-nilai luhur Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI. Semua itu dilakukan untuk merebut simpati dan hati rakyat, dalam mewujudkan stabilitas keamanan di wilayah perbatasan serta menjaga keutuhan NKRI di wilayah Papua.

“Apa yang saudara kerjakan selama ini sebagai pasukan pengamanan perbatasan RI-PNG merupakan bagian dari tugas pokok TNI, yaitu menjaga kedaulatan negara, melindungi segenap bangsa Indonesia dan mempertahankan wilayah NKRI,” kata Brigjen TNI Bangun Nawoko membacakan amanat Pangdam XVII/Cenderawasih.

Lebih lanjut dalam amanatnya, keberhasilan dalam penugasan ini menjadi kebanggaan prajurit dan satuan, serta menjadi pengalaman yang berharga dalam perjalanan hidup para prajurit TNI. Karena itu, pengalaman tersebut dijadikan sebagai referensi dan motivasi bagi diri dan satuan dalam menghadapi tugas-tugas pada masa mendatang.

“Laksanakan serah terima dengan baik dan teliti terkait tugas, administrasi, Alkap dan prosedur tetap penugasan serta hal-hal penting lainnya dalam mendukung pelaksanaan tugas berikutnya oleh satgas baru. Cek dan inventarisir alat perlengkapan yang menjadi tanggung jawab satuan maupun perorangan sebelum meninggalkan daerah operasi,” jelasnya.

Pangdam XVII/Cenderawasih menekankan, selama pandemi covid-19 agar memperhatikan kesehatan dan keamanan kembali ke satuan asal. Untuk itu, hindari hal-hal yang dapat merugikan satuan dan diri sendiri, yang mungkin terjadi karena faktor kelalaian.

“Ingat keluarga saat ini tengah menunggu kehadiran kalian untuk berkumpul kembali. Sampaikan salam hormat serta penghargaan saya kepada keluarga masing-masing,” tegas Pangdam.

“Khusus kepada pemerintah daerah, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat dan semua pihak yang telah turut membantu kelancaran dan keberhasilan tugas ini, saya ucapkan terima kasih setulus-tulusnya. Kiranya dukungan dan kerja sama yang baik ini dapat diteruskan kepada setiap satuan yang melaksanakan tugas di daerah ini,” tutupnya. (red)

Bagikan berita ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *