Teken MOU dengan HIPMI, Pelindo III Tingkatkan Kerja Sama Bisnis dengan Swasta

Teken MOU dengan HIPMI, Pelindo III Tingkatkan Kerja Sama Bisnis dengan Swasta

Foto (ki-ka): Direktur Transformasi dan Pengembangan Bisnis Toto Nugroho Pranatyasto, Direktur Utama Pelindo III Doso Agung, dan Direktur Operasi dan Komersial, Putut Sri Muljanto.

Pelindo III memastikan kegiatan investasi terus berjalan meski ditengah pandemi covid-19 dengan menggandeng pihak swasta yang diwakili Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) untuk berinvestasi pada beberapa proyek strategis yaitu Bali Maritime Tourism Hub (BMTH) di Pelabuhan Benoa Bali dan marina di Pelabuhan Boom Banyuwangi.

Direktur Utama Pelindo III Doso Agung menyebut perusahaan swasta memiliki peranan besar dalam membantu BUMN mengelola sejumlah proyek pembangunan dalam negeri. Selain itu, dirinya menyebutkan sudah saatnya para pengusaha UMKM diberikan kesempatan yang lebih luas untuk berkarya dan mengembangkan usahanya.

“Kami mendukung penuh arahan Menteri BUMN untuk menggandeng perusahaan swasta dalam menggarap proyek-proyek pembangunan dalam negeri. Sudah saatnya para pengusaha UMKM diberikan kesempatan yang lebih luas untuk berkarya dan berkontribusi buat negara”, papar Doso.

Dibutuhkan campur tangan dari semua pihak untuk mewujudkan pembangunan BMTH dan marina di Pelabuhan Boom Banyuwangi dalam mewujudkan pariwisata maritim pertama di Indonesia. Menjelang tatanan normal baru diharapkan industri pariwisata harus bisa dibangun dan hidup kembali.

Melalui MOU dan kerja sama antara BUMN dan swasta, Doso berharap akan terjalin sinergi antara BUMN dan swasta dalam setiap perencanaan pembangunan infrastruktur publik. Sinergi antara BUMN dan pihak swasta akan membawa manfaat positif bagi kedua belah pihak.

Foto (ki-ka): Direktur Transformasi dan Pengembangan Bisnis Toto Nugroho Pranatyasto, Direktur Utama Pelindo III Doso Agung, dan Direktur Operasi dan Komersial, Putut Sri Muljanto.

Kepala BKPM Bahlil Lahadalia yang juga hadir dalam penandatanganan kesepakatan kerja sama antara Pelindo III dan HIPMI mengatakan, peran pengusaha khususnya HIPMI di era normal baru ini sangat diharapkan mampu membangun ekosistem sistem usaha yang sehat serta berperan aktif dalam membangun ekonomi bangsa pasca pandemi seperti saat ini.

“Di era normal baru ini, pengusaha harus bisa bersama membangun ekosistem usaha yang sehat dan anggota HIPMI harus jadi garda terdepan untuk membangun ekonomi bangsa”, ujar Bahlil.

Sementara itu Ketua HIPMI Mardani H. Maming menyebutkan, perusahaan swasta memiliki peranan besar dalam membantu pemerintah mengelola sejumlah proyek pembangunan dalam negeri.

“Kami berharap para pengusaha bisa berperan aktif menggerakkan perekonomian bangsa, sehingga harapannya UMKM khususnya di bawah HIPMI juga bisa lahir sebagai puncak perekonomian bagi bangsa dan negara”, papar Maming.

BMTH merupakan saah satu proyek strategis yang sedang dikerjakan Pelindo III guna meningkatkan perekonomian Bali melalui wisata maritim dan kunjungan wisatawan dari jalur laut. Saat ini Pelabuhan Benoa sedang ditata ulang untuk dijadikan wisata maritim dan terminal cruise atau kapal pesiar terbesar di Indonesia. (red)

Bagikan berita ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *