Terima Gelar Doktor Kehormatan, Panglima TNI: Pendidikan Kunci Keberhasilan Hadapi Era Perubahan

(Puspen TNI). Usai menerima gelar Doktor Kehormatan atau Honoris Causa dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Jawa Tengah dalam bidang manajemen SDM, Jumat (20/9/2019), Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengatakan pendidikan adalah kunci keberhasilan dalam menghadapi era perubahan. Pendidikan membangun sumber daya manusia yang unggul sehingga mampu menghadapi tantangan global dalam rangka berkompetisi dan merealisasikan apa yang telah diprediksi bahwa Indonesia akan masuk 4 ekonomi besar di dunia.

Panglima TNI menyampaikan, untuk masuk ke dalam 4 ekonomi besar dunia harus mampu manfaatkan sebaik-baiknya bonus demografi yang terjadi pada tahun 2036, dimana diprediksi jumlah penduduk Indonesia adalah 320 juta jiwa dan 50% dari penduduk tersebut adalah usia produktif.

“Oleh sebab itu, jangan sampai bonus demografi tidak mempersiapkan sumber daya manusia yang unggul,” katanya.

Panglima TNI mengungkapkan, untuk menuju kearah 4 ekonomi besar di dunia, dapat dilakukan melalui pendidikan di wilayah-wilayah perbatasan dengan memberikan pendidikan yang dilaksanakan prajurit TNI, termasuk pelayanan kesehatan dan gizi buruk sehingga terhindar dari stanting.

“Kehadiran TNI dengan postur yang gagah akan memberikan semangat kepada mereka yang ingin menjadi seorang TNI, sehat dan tentunya smart,” jelasnya.

Sebagai prajurit yang siap mengemban tugas keamanan dan ketahanan kedaulatan negara, TNI pun siap turut aktif membangun pendidikan di Indonesia.

“TNI akan membantu apabila UNS menginginkan kerja sama dalam rangka membantu pemerintah memajukan dunia pendidikan khususnya di wilayah-wilayah terpencil karena TNI memiliki sarana dan prasarana serta infrastruktur sampai ke pelosok-pelosok,” imbuh Panglima TNI. (red)

Berita Terkait

Jangan Terlewat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *