The Gade Clean & Gold BADAULU, CSR Pegadaian Pilah Sampah jadi “Emas”

The Gade Clean & Gold BADAULU, CSR Pegadaian Pilah Sampah jadi “Emas”

Pegadaian sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memiliki tanggung jawab sosial kepada masyarakat lewat program Corporate Social Responsibility (CSR) bersih-bersih lingkungan (pro planet) yakni program “memilah sampah menjadi emas”. Program CSR ini diberi nama The Gade Clean & Gold yang tersebar di 58 lokasi di seluruh Indonesia.

Di Bali, program ini direalisasikan di Kabupaten Gianyar yang disebut dengan “The Gade Clean & Gold BADAULU” (Bank Daur Ulang Bedulu) yang merupakan bantuan dana CSR dari PT. Pegadaian (Persero). Peresmiannya dilaksanakan Senin (2/12/2019), di Jl. Pura Dalem Puri, Pura Samuan Tiga Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar.

Hadir dalam kesempatan ini Bupati Gianyar Made Mahayastra,, Deputy Oprasional Kanwil VII Denpasar, Deputy Bisnis Area Denpasar 1, Manager Bisnis Analyst Kanwil VII Denpasar, Manajer Logistik Kanwil VII Denpasar, Pimpinan Cabang Se-Area Denpasar 2, Asmen PKBL Kanwil VII Denpasar, Asmen Humas Kanwil VII Denpasar.

Kepala Kantor PT Pegadaian Wilayah VII Denpasar, Nuril Islamiah mengatakan, program ini dicanangkan dalam rangka mendukung program Pemerintah untuk mengurangi limbah plastik dengan memilah dan mengumpulkan sampah plastik, kemudian ditukar dengan penambahan saldo Tabungan Emas ke Bank Sampah The Gade Clean & Gold.

“Kalau lingkungan kita sudah bersih tentu akan membawa hal positif dalam mencapai yang lebih baik lagi,” kata Nuril.

Nuril juga menyampaikan terima kasih kepada kepada Pemerintah Kabupaten Gianyar yang telah memfasilitasi terbangunnya bank daur ulang/bank sampah ini. Ia juga mengajak berbagai pihak yang ingin membangun bank sampah.

“Kami tidak punya lahan, tapi kami punya semangat membantu siapa saja yang peduli akan lingkungan. Silahkan siapkan lahannya untuk bank sampah, Pegadaian siap membantu,” ujar Nuril.

Bupati Gianyar Made Mahayastra menyatakan Bali saat ini dalam keadaan darurat sampah. Maka dari itu, dibangunnya bank sampah ini tentu akan menjadi solusi penanganan sampah khususnya di Kabupaten Gianyar.

“Kita juga harus membangun kesadaran masyarakat agar bersama-sama mengolah sampah dengan baik,” ucap Bupati.

Pada kesempatan ini, Pegadaian menyerahkan CSR kepada pengurus Pura dan PAUD. Dari CSR ini, Pegadaian komitmen untuk mendidik anak-anak sejak dini agar sadar dan punya tanggungjawab untuk menjaga alam dan lingkungannya tetap bersih dengan mengedukasi dan memperkenalkan kepada mereka sampah organik dan non organik termasuk bagaimana cara penanganannya. (red)

Bagikan berita ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *