Tingkatkan Derajat Kesehatan Warga di Perbatasan RI-PNG, Satgas Yonif MR 411/Pdw Kostrad Gelar Pengobatan Keliling

Sebagai bentuk konsistensi terhadap masalah kesehatan warga di perbatasan, Satgas Pamtas RI-PNG Batalyon Infanteri Mekanis Raider (Yonif MR) 411/Pdw Kostrad kembali melaksanakan pengobatan keliling ke rumah-rumah warga, salah satunya di Kampung Kondo, Distrik Neukenjerai, Kabupaten Merauke, Papua.

“Kegiatan pengobatan keliling ini dilakukan oleh lima personel Satgas dipimpin Letda Inf. Ulivo Dicky Pambudi yang sehari-hari menjabat sebagai Komandan Pos (Danpos) Kondo, dimulai sejak pukul 09.00-15.00 WIT,” jelas Perwira Penerangan (Papen) Satgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 411/Pdw Kostrad Kapten Chk Agung Priyadi di Distrik Elikobel, Kabupaten Merauke, Papua, Kamis (17/10/2019).

Menurut Kapten Chk Agung Priyadi, pelaksanaan pengobatan keliling ini sebagai bentuk perhatian dan kepedulian Satgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 411/Pdw Kostrad untuk mengatasi masalah kesehatan masyarakat di tempat penugasan.

“Tercatat 27 orang warga Kampung Kondo ikut serta dalam pengobatan yang dilakukan. Mereka datang dengan berbagai macam keluhan diantaranya demam, batuk, flu, sakit kepala, sakit pinggang, bekas luka, dan gatal-gatal pada kulit,” ungkapnya.

Sementara itu, Dokter Satgas Letda Ckm dr. M. Akbar Andriansah menjelaskan, program pengobatan keliling yang langsung mendatangi rumah-rumah warga dilakukan jajaran seluruh Pos Satgas Pamtas RI-PNG Yonif  MR 411/Pdw Kostrad. Pasalnya, banyak kampung untuk menjangkau sarana layanan kesehatan di wilayah tersebut cukup jauh, seperti halnya Kampung Kondo.

“Banyak wilayah yang sarana kesehatan seperti Puskesmas cukup jauh dari kampung, sehingga warga jadi enggan untuk memeriksakan kesehatannya dikala sakit. Kewajiban Satgas melalui Pos-Pos terdekat yang mendatangi rumah warga untuk memberikan layanan kesehatan langsung kepada warga,” imbuhnya.

Kepala Adat Kampung Kondo, Nikolaus Sangra yang hadir dalam kegiatan ini menyampaikan dirinya merasa senang dengan kegiatan pengobatan keliling yang dilakukan personel Satgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 411/Pdw Kostrad, sehingga dapat secara langsung membantu masalah kesehatan warga.

“Kami warga Kampung Kondo mengucapkan terima kasih atas kepedulian Bapak-bapak TNI dalam membantu memberikan pengobatan kepada warga kampung kami yang sakit tanpa kami harus jauh-jauh berobat ke Puskesmas,” ujarnya. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *