TNI Salurkan APD ke Sejumlah Daerah

TNI Salurkan APD ke Sejumlah Daerah

Prajurit TNI yang tergabung dalam Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 terus bekerja keras memenuhi kebutuhan medis ke sejumlah daerah. Seperti pada pengiriman barang sejumlah Alat Pelindung Diri (APD) dan masker dari Gugus Tugas Nasional ke Indonesia bagian Timur Ternate dan Maluku.

Pengiriman barang ke Ternate pada Sabtu (18/4/2020) kemarin menggunakan pesawat TNI AU B737 dengan nomor penerbangan A.7304 melalui rute dari Kupang, NTT langsung ke Ternate. Sedangkan pengiriman APD dan masker ke Provinsi Maluku, dilakukan hari Minggu (19/4/2020).

Alat yang dibawa oleh pesawat TNI tersebut berupa APD 50 koli, dan masker 1.000 pcs baik ke Ternate maupun Maluku. Untuk Provinsi Ternate, diterima lansungg Dinas Kesehatan Provinsi Ternate. Sedangkan di Provinsi Maluku akan dijemput pihak TNI yaitu Slog Kodam Pattimura dan Kesdam Pattimura. Rencana penyerahan ke Dinkes Provinsi Maluku oleh pejabat TNI di daerah yaitu Asops Kodam Pattimura akan dilaksanakan pada Senin (20 April 2020).

Sementara pada bagian lain, Provinsi Aceh menerima APD dengan menggunakan pesawat A-7306 milik TNI AU pada Sabtu Sore (18/4/2020). Bantuan Alat Kesehatan Penanggulangan Covid-19 dari Pusat Penanggulangan Krisis Kemenkes yang diterima berupa APD 150 pcs, masker bedah 1.000 pcs, masker N-95 200 pcs dan hand sanitizer 500 pcs. Sedangkan dari Diskesau untuk Lanud Iskandar Muda sebanyak 100 buah Rapid Test.

Pada Sabtu (18/4/2020) siang kemarin juga dikirim sejumlah APD melalui pesawat TNI AU dengan nomor pesawat A 2907 membawa APD sebanyak 40 box dan diterima langsung BNPB Provinsi Lampung. APD tersebut setelah tiba di Lampung langsung didistribusikan ke sejumlah Kabupaten di seluruh Provinsi Lampung.

Apa yang dilakukan TNI diapresiasi Kepala Pusat Krisis (Kapuskris) dan staf Kemenkes RI Kapuskris dr. Budi Silpana atas kecepatan dan ketepatan mengirim dan mendistribusikan sejumlah alat kesehatan ke berbagai daerah dalam waktu beberapa hari terakhir ini. (red)

Bagikan berita ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *