Mesari Premium Virgin Coconut Oil Binaan Elnusa Petrofin Sabet Anugerah CSR IDX Channel 2021

Mesari Premium Virgin Coconut Oil Binaan Elnusa Petrofin Sabet Anugerah CSR IDX Channel 2021

Elnusa Petrofin Raih Penghargaan Anugerah CSR IDX Channel 2021 atas Program Pengembangan Masyarakat UMKM Produk VCO di Bali. (foto: ist.)

Jakarta (Penabali.com) – Tanggung jawab sosial perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) adalah bagian yang tidak terpisahkan dari aktivitas bisnis dan operasional sebuah perusahaan. Dimana keberadaan perusahaan turut memberikan manfaat bagi masyarakat di sekitar wilayah operasionalnya. Hal ini pun diatur dalam Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).

Elnusa Petrofin sebagai anak usaha PT Elnusa Tbk (ELSA) melalui CSR Terintegrasi Petrofin Peduli pun turut memberikan berbagai kegiatan CSR kedalam 5 pilar Petrofin Peduli, yaitu #PetrofinPintar, #PetrofinTanggap, #PetrofinResik, #PetrofinSehat, Serta #PetrofinAman.

Selama masa pandemi Covid-19, selain kegiatan penanganan kesehatan Elnusa Petrofin pun secara konsisten mengembangan Pilar #PetrofinPintar yang berfokus pada peningkatan fasilitas kualitas pendidikan dan pemberdayaan ekonomi kreatif masyarakat. Dimana dalam setahun terakhir, Elnusa Petrofin berhasil menelurkan UMKM olahan kelapa di wilayah Desa Antiga, Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali, dengan produk andalannya Premium Virgin Coconut Oil (VCO) yang bermerek Mesari.

Atas upaya pemberdayaan UMKM ini, Elnusa Petrofin berhasil memenangkan Penghargaan Anugerah CSR IDX Channel 2021 untuk Sektor Oil & Gas, dengan program CSR “Petrofin Peduli: Empowering MSMEs for Virgin Coconut Oil (VCO) Product From Coconuts In Antiga Village, Bali”. Penghargaan ini diterima secara online pada awal Desember 2021 ini.

IDX Channel CSR Award merupakan ajang penghargaan di bidang Corporate Social Responsibility (CSR) bekerja sama dengan sejumlah asosiasi CSR terkemuka nasional lainnya. Pemberian penghargaan ini didasari 3 aspek utama dalam penilaian, yaitu aspek kepatuhan (compliance) terhadap ISO 26000 tentang social responsibility, aspek GCG, dan aspek keselarasan program CSR dengan strategi dan daya saing bisnis.

Head of Corporate Communication PT Elnusa Petrofin, Putiarsa Bagus Wibowo, yang bertanggungjawab atas kegiatan CSR di lingkup Perusahaan menjelaskan bahwa pemberdayaan UMKM Mesari menjadi pilot project Elnusa Petrofin dalam membina masyarakat sekitar operasional untuk menjadi lebih mandiri.

“Kami melakukan mapping, monitoring dan pendampingan UMKM Mesari dari pelatihan awal, pembuatan produk, pengurusan perizinan, peluncuran produk, sampai ke tahap strategi penjualan,” ujar Putiarsa.

Mesari Premium Virgin Coconut Oil (VCO) merupakan produk olahan kelapa yang dikelola puluhan ibu rumah tangga yang sebelumnya bekerja sebagai petani kelapa. Terletak di Desa Antiga, UMKM ini secara langsung dimonitoring oleh PT Elnusa Petrofin melalui tim di unit operasi Fuel Terminal Pertamina Manggis, Bali.

Bekerjasama dengan BUMDes Sedana Yoga, Mesari Premium VCO terus dikembangkan termasuk pemberian pelatihan penjualan secara digital. Sehingga pendapatan kelompok dari penjualan di tengah pandemi dapat meningkat.

Haris Syahrudin selaku Direktur Utama PT Elnusa Petrofin menyampaikan terima kasih atas apresiasi yang diberikan IDX Channel kepada PT Elnusa Petrofin.

“Pemberdayaan masyarakat menjadi perhatian khusus kami dalam menjalani bisnis. Bisnis kami tumbuh dan berkembang diiringi dengan peningkatan Sumber Daya Manusia, khususnya masyarakat di wilayah operasional Elnusa Petrofin,” kata Haris Syahrudin.

Inisiasi program CSR UMKM Mesari Premium VCO lahir dari dampak pandemi Covid-19 secara ekonomi terhadap masyarakat, untuk itu seluruh proses berjalannya program ini kita pantau secara langsung.

“Saya berharap keberadaan Elnusa Petrofin turut memberikan manfaat bagi sekitar dan kedepannya, kami selalu berupaya agar setiap daerah operasional kami menelurkan UMKM baru dengan produk unggulan daerah yang kitakelola bersama,” ujarnya.

Sedangkan Direktur Operasional IDX Channel Apreyvita Dyah Wulansari mengatakan, Anugerah CSR IDX Channel 2021 kali ini memilih tema “Fostering Strategic CSR for Sustainable Economic Recovery” sebagai bentuk solidaritas dan kepedulian terhadap pemulihan ekonomi Indonesia ditengah Covid-19. Anugerah ini diberikan sebagai wujud apresiasi setinggi-tingginya kepada perusahaan yang meskipun tengah berjibaku menghadapi Covid-19, akan tetapi tetap mewujudkan kepedulian mereka kepada masyarakat yang sangat terdampak Covid-19. (rls)

Bagikan berita ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *