Berlanjut, Kerjasama TNI dengan PLN dan Pertamina Soal Pengamanan Obyek Vital

Berlanjut, Kerjasama TNI dengan PLN dan Pertamina Soal Pengamanan Obyek Vital

TNI, PLN, dan Pertamina foto bersama usai penandatanganan MoU di Mabes TNI. (foto: ist.)

Jakarta (Penabali.com) – TNI memperpanjang kerjasama dengan PT PLN (Persero) dan PT Pertamina (Persero). Hal itu ditandai Penandatanganan Memorandum of Understanding (MOU), bertempat di Ruang Hening Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (26/10/2021).

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dalam sambutannya yang dibacakan Kasum TNI Letjen TNI Eko Margiyono, mengatakan perjanjian kerjasama yang ditandatangani merupakan perpanjangan dari perjanjian kerjasama sebelumnya yang telah berakhir.

“TNI dan PT Pertamina Persero telah menindaklanjuti dengan menyelenggarakan beberapa kegiatan antara lain penyaluran dana CSR yang diwujudkan dalam bentuk karya bakti, operasi pengamanan dan bantuan personel distribusi BBM dan gas,” katanya.

Sedangkan perjanjian kerjasama TNI dengan PT PLN (Persero) ditindaklanjuti dengan penyelenggaraan beberapa kegiatan antara lain penyaluran dana CSR yang diwujudkan dalam bentuk karya bakti, pemanfaatan sumber daya untuk pengawasan dan pengamanan objek vital PLN serta pemeliharaan sistem ketenagalistrikan.

Lebih lanjut Panglima TNI menyampaikan, Negara Kesatuan Republik Indonesia yang terdiri dari ribuan pulau besar dan kecil dimana masih banyak daerah-daerah terdepan dan terluar yang belum tersentuh pembangunann secara optimal, ditambah lagi daya dukung sarana dan prasarana bidang transportasi dan komunikasi yang dimiliki pemerintah, masih terbatas.

“Dengan adanya perjanjian kerjasama ini diharapkan dapat membantu pemerintah dalam meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di daerah terdepan, terpencil dan tertinggal utamanya di wilayah perbatasan dengan memanfaatkan penyaluran bantuan CSR dan bantuan pengamanan objek vital antara TNI dengan PT Pertamina Persero dan PT PLN persero,” ungkapnya.

Diakhir sambutannya, Panglima TNI menyampaikan terima kasih yang tulus dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas terjalinnya kerjasama antara TNI dengan PT Pertamina Persero dan PT PLN persero.

“Semoga perjanjian kerjasama ini dapat dilaksanakan sebaik-baiknya guna mendukung suksesnya program pemerintah dalam mewujudkan masyarakat yang lebih sejahtera demi tetap tegaknya keutuhan dan kedaulatan NKRI,” pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, Haryanto WS selaku Direktur Bisnis Regional Jawa, Madura, & Bali PT PLN (Persero) mengatakan, kerjasama yang telah berlangsung dengan sangat baik atas dukungan Panglima TNI beserta segenap jajarannya di lapangan sangat membantu PLN dalam menjalankan sistem keamanan di lingkungan kerja dan kegiatan-kegiatan baik rutin maupun non rutin.

“Kami sangat berterimakasih atas ijin dan perkenan bapak Panglima untuk dapat memperpanjang PKS (Perjanjian Kerja Sama) ini selama 3 tahun kedepan, semoga dengan kerjasama yang sangat baik ini PLN dapat melaksanakan program-program yang ditugaskan oleh pemerintah untuk terus meningkatkan dan membangun infrastruktur ketenagalistrikan di seluruh Indonesia dalam rangka meningkatkan rasio elektrifikasi, sehingga layanan PLN dapat dirasakan oleh seluruh rakyat Indonesia,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Keuangan PT Pertamina Emma Sri Martini berharap sinergitas antara TNI dengan Pertamina Persero dapat terus ditingkatkan di seluruh wilayah kerja Pertamina group, sehingga tercipta kondisi yang diharapkan yaitu kehandalan pemenuhan kebutuhan energi nasional Indonesia.

“Peran TNI beserta seluruh jajaran sangat membantu pelaksanaan tugas mulia PT Pertamina (Persero) dalam menjalankan tugas untuk memenuhi kebutuhan energi dan ketahanan energi Nasional Indonesia,” ucapnya. (rls)

Bagikan berita ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *