Latihan Manuver Taktis KRI Sultan Hasanuddin 366 bersama Empat Kapal MTF UNIFIL

Latihan Manuver Taktis KRI Sultan Hasanuddin 366 bersama Empat Kapal MTF UNIFIL

Foto: Latihan manuver taktis KRI Sultan Hasanuddin 366 di Area of Maritime Operation (AMO).

Penabali.com – KRI Sultan Hasanuddin 366 melaksanakan latihan manuver taktis dengan empat kapal MTF UNIFIL dari negara lain di Area of Maritime Operation (AMO).

Dansatgas Maritime Task Force (MTF) Konga XXVIII-L/UNIFIL (Nations Interem Force in Lebanon) Letkol Laut (P) Ludfy, S.T., M.M.D.S., menyampaikan latihan manuver taktis tersebut melibatkan kapal perang Jerman FGS Magdeburg F 261, kapal perang Turki TCG Yildirim F 243, kapal perang Yunani HS Navarinon F 461 dan kapal perang Bangladesh BNS Sangram F 113 di perairan Mediterania, Lebanon, Jumat (19/3/2021).

Dansatgas menyampaikan, latihan ini bertujuan untuk melatih tim anjungan dalam memecahkan persoalan manuver, formasi serta menghitung halu dan waktu dalam menempati posisi. Dalam latihan ini, KRI Sultan Hasanuddin 366 berperan sebagai penanggung jawab latihan dalam membentuk formasi dengan 4 kapal lainnya.

“Disamping itu, latihan ini juga dilaksanakan dalam rangka farewell dengan kapal perang Turki TCG Yildirim F 243 yang telah selesai melaksanakan tugasnya sebagai salah satu unsur MTF UNIFIL”, ucapnya.

Selanjutnya disampaikan, latihan manuver taktis menerapkan formasi Line Abreast, formasi Echo, formasi Delta serta formasi Foxtrot yang diatur oleh FGS Magdeburg F 261 selaku penanggung jawab serial latihan. Dan di penghujung latihan seluruh kapal memberikan salam penghormatan dengan saling menyemprotkan air dari pompa hydrant.

Latihan yang memakan waktu kurang lebih 3 jam ini secara umum berjalan dengan aman dan lancar. Usai melaksanakan latihan seluruh kapal unsur MTF UNIFIL bermanuver keluar formasi untuk selanjutnya menuju sektor operasi yang sudah ditentukan. (Puspen TNI)

Bagikan berita ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *