Survei Indometer: Elektabilitas PDIP Turun, Partai Demokrat Melejit

Survei Indometer: Elektabilitas PDIP Turun, Partai Demokrat Melejit

Foto: Meski belum tempati posisi teratas, tetapi elektabilitas Partai Demokrat terus melesat menguntit tiga parpol yakni PDIP, Partai Gerindra, dan Partai Golkar.

Penabali.com – Kader PDI Perjuangan yang terjerat kasus korupsi bantuan sosial ditengah suasana keprihatinan akibat pandemi Covid-19, menurunkan elektabilitas partai berlambang banteng moncong putih dalam lingkaran itu.

Temuan survei Indometer menyebut, elektabilitas PDI Perjuangan turun menjadi 22,3 persen, padahal sebelumnya naik dari 26,8 persen pada survei pada Juli 2020 menjadi 31,6 persen pada survei Oktober 2020. Kendati elektabilitas parpol yang diketuai Megawati Soekarnoputri itu menurun, namun posisinya masih teratas.

Sebaliknya, elektabilitas Partai Demokrat meningkat. Partai politik pimpinan Agus Harimurti Yudhoyono itu melesat menjadi delapan persen, setelah sebelumnya sempat turun dari 3,9 persen (Juli 2020) menjadi 3,2 persen (Oktober 2020). Dengan kenaikan itu, Partai Demokrat melejit ke peringkat empat besar setelah PDI Perjuangan, Partai Gerindra, dan Partai Golkar.

“Elektabilitas Partai Demokrat melonjak, sementara PDI Perjuangan turun, dan dua parpol papan tengah PKS dan PSI konsisten naik,” kata Direktur Eksekutif lembaga survei Indometer, Leonard SB, dalam siaran persnya, Kamis 18 Februari 2021.

Hasil survei Indometer menunjukkan elektabilitas Partai Demokrat melonjak yang menempatkan partai politik ini di urutan keempat setelah PDI Perjuangan, Partai Gerindra, dan Partai Golkar.

Survei Indometer dilakukan pada 1-10 Februari 2021 melalui sambungan telepon kepada 1.200 responden dari seluruh provinsi yang dipilih acak dari survei sebelumnya sejak 2019. Margin of error sebesar 2,98 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. (red)

Bagikan berita ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *