HUT ke-42 Yayasan Kemala Bhayangkari, Tumbuh Berkembang Wujudkan Bangsa Maju Lewat Pendidikan

HUT ke-42 Yayasan Kemala Bhayangkari, Tumbuh Berkembang Wujudkan Bangsa Maju Lewat Pendidikan

Kapolda Jatim mengikuti upacara HUT ke-42 Yayasan Kemala Bhayangkari tahun 2022. (foto: ist.)

Surabaya (Penabali.com) – Kapolda Jawa Timur Irjen Pol. Nico Afinta bersama Wakapolda Jawa Timur Brigjen Pol. Slamet Hadi Supraptoyo dan pejabat utama Polda Jatim mengikuti upacara Peringatan HUT ke-42 Yayasan Kemala Bhayangkari terpusat di Gedung Mahameru Polda Jatim, yang dilaksanakan dari Ruang Astagina Gedung Bhayangkari Jalan Sriwijaya I Kebayoran Baru Jakarta Selatan, Senin (23/5/2022).

Kegiatan upacara virtual peringatan HUT ke-42 Yayasan Kemala Bhayangkari juga diikuti Ketua Yayasan Kemala Bhayangkari Daerah Jawa Timur Ny. Ully Nico Afinta beserta para pengurus YKB Jawa Timur serta pengurus YKB tingkat cabang dari Polres/Polresta jajaran Polda Jawa Timur.

Dalam sambutannya, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo menyampaikan YKB saat ini terus berkembang untuk mewujudkan bangsa yang maju.

“Kepada Penasehat Bhayangkari jajaran agar dapat memahami dan mendukung segala program yang diselenggarakan oleh YKB sehingga YKB dapat berkembang dan mandiri, diantarannya dengan mengembangkan badan usaha yang ada didalamnya yayasan,” jelas Kapolri.

“Ketentuan atau aturan yang ada di yayasan agar dipatuhi dan dilaksanakan, sehingga program kegiatan yayasan dapat berjalan dengan baik. YKB juga berperan aktif membantu Polri dalam penanganan Covid-19 dengan aksi sosial serta berperan aktif dalam pemulihan ekonomi dan menjaga, mengawal terkait investasi bangsa. Terus kembangkan Sekolah yayasan Bhayangkari sehingga dapat menciptakan generasi bangsa dan SDM yang unggul,” pungkas Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo.

Ketua Pengurus YKB Daerah Jatim, Ny. Ully Nico Afinta dalam kesempatan ini menyampaikan, Yayasan Kemala Bhayangkari secara resmi berdiri pada tanggal 5 Mei 1980. Organisasi ini berfokus pada bidang sosial pendidikan. Sekolah yang dikelola YKB Jatim di tahun 2022 berjumlah 149 sekolah dari berbagai jenjang yaitu PAUD, SD, SMP, SMA/SMKK, 2 Sekolah Khusus SLB dan Informal TPQ, di 38 kabupaten/kota dengan jumlah siswa keseluruhan saat ini 9.148 dan 1.054 guru dan karyawan.

“Semua tantangan, hambatan dan perubahan yang dihadapi dalam setiap periode dan penuh dinamika membuat yayasan dan Sekolah Kemala Bhayangkari semakin matang dalam berkarya serta makin semangat untuk menyambut tahun ajaran 2022/2023,” paparnya.

“Memasuki usia ke-42 tahun, YKB Jatim melalui sekolah Kemala Bhayangkari selalu meningkatkan kualitas kebhayangkaraan menuju merdeka belajar sehingga dapat mengawal, menjaga dan melindungi keselamatan bangsa dan negara Indonesia,” lanjutnya.

Penasehat YKB Jawa Timur yang juga Kapolda Jatim Irjen Pol. Nico Afinta mengatakan membentuk SDM yang unggul menjadi bagian yang penting untuk mewujudkan bangsa yang maju, dalam hal tersebut, YKB Daerah Jatim telah mengambil peran dengan peduli terhadap dunia pendidikan dengan bekal pendidikan yang berkualitas, sedangkan di Jatim telah tercatat 149 sekolah TK, SD/LB, SMP/LB, SMA/LB, SMK yang telah dikelola YKB dengan beragam prestasi yang telah diraih.

“Dalam menghadapi tantangan tugas kita, diantarannya terkait pembentukan sekolah Kemala Bhayangkari Daerah Jatim ada 3 hal yang harus dipedomani dengan iman, kemauan dan ilmu pengetahuan yang disingkat ‘MANTAP’, sehingga dapat mewujudkan untuk menuju bangsa yang maju. Lakukan komunikasi dengan stakeholder terkait sehingga permasalahan dapat terselesaikan,” tandasnya.

Peringatan ditandai pemotongan tumpeng secara simbolis oleh Kapolda Jatim didampingi Ketua PYKB Daerah Jatim, Wakapolda Jatim, Wakil Ketua Bhayangkari, Irwasda Polda Jatim dan Wakil Ketua PYKB Daerah Jatim.

Pada kesempatan juga diserahkan piagam penghargaan kepada pengurus, guru dan karyawan yang telah mengabdi selama lebih dari 20 tahun, serta guru dan siswa berprestasi tingkat provinsi dan nasional, penyerahan bantuan pendidikan oleh Wakil Ketua PYKB Daerah Jatim kepada 4 anak anggota Polri yang orang tuanya meninggal dunia serta penyerahan pelakat kepada para perusahaan yang telah melaksanakan tanggung jawab sosialnya melalui corporate social responsibility. (rls)

Bagikan berita ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *