Perdana, CSR EPN Pilih SMAN 17 Makassar Gelar “Petrofin Journalist Academy 2021”

Perdana, CSR EPN Pilih SMAN 17 Makassar Gelar “Petrofin Journalist Academy 2021”

Kegiatan edukasi "Petrofin Journalist Academy 2021" di SMAN 17 Makassar. (foto: ist.)

Sulawesi Selatan (Penabali.com) – Dalam upaya edukasi dan meningkatkan softskill siswa/siswi di tingkat SMA kususnya mengenai ilmu jurnalistik serta pengenalan profesi jurnalis, PT Elnusa Petrofin (EPN) menggelar kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) bertajuk “Petrofin Journalist Academy 2021″. Kegiatan ini bekerjasama dengan media Tribun Timur pada Kamis (16/12/2021).

SMA Negeri 17 Makassar dipilih menjadi lokasi pertama kegiatan edukatif. Digelar secara hybrid yang diikuti 40 siswa secara tatap muka serta ratusan peserta lainnya secara daring melalui zoom meeting.

Head of Corporate Communication PT Elnusa Petrofin, Putiarsa Bagus Wibowo, menyampaikan kegiatan ini merupakan perwujudan CSR Elnusa Petrofin melalui Pilar Petrofin Pintar berupa pelatihan jurnalistik dalam menciptakan jurnalis di kalangan siswa SMA dan generasi millennial yang kompeten dan profesional.

“Dalam melaksanakan kegiatan CSR ini, kami bekerja sama dengan media lokal yakni Tribun Timur yang tentunya para siswa SMA akan memperoleh materi dari narasumber yang kompeten dan berpengalaman dalam jurnalistik,” ungkap pria yang akrab dipanggil Arsa ini.

Dalam Petrofin Journalist Academy ini, Putiarsa berharap dapat meningkatkan wawasan siswa-siswi SMA di bidang jurnalistik. Sehingga mereka dapat menyusun narasi pemberitaan maupun mengkomunikasikan gagasan dalam narasi dan visual yang layak dan berkualitas, serta dapat diaplikasikan secara nyata di kehidupan sehari-hari.

Sementara itu, Wakil Pemimpin Redaksi Tribun Timur, Ronal Ngantung, menjelaskan perkembangan media massa saat ini telah mengalami perkembangan akibat digitalisasi sehingga masyarakat beralih ke virtual dan sosial media, termasuk generasi muda sebagai pembaca.

Ronal menuturkan, melalui kolaborasi bersama Elnusa Petrofin, membantu fungsi dan tugas media yang berperan mencerdaskan generasi muda dengan memberikan kelas-kelas pelatihan ke sekolah-sekolah untuk meningkatkan kapasitas kemampuan dan skill mereka.

(foto: ist.)

Kepala SMA Negeri 17 Makassar, Drs. H. Nasrullah, menyampaikan terima kasih kepada PT Elnusa Petrofin serta Tribun Timur atas kegiatan yang telah dilaksanakan. Dimana sekolah menjadi lokasi pertama program CSR Petrofin Journalist Academy.

Ia menjelaskan, pelatihan jurnalistik tersebut sebagai media pembelajaran yang baru bagi siswanya.

“Sisi pendidikan praktis sekarang menjadi paradigma yang didengungkan oleh Menteri. Semoga pelatihan ini menambah soft skill bagi siswa kami sebagai wadah pembelajaran untuk pengembangan minat bakat siswa dalam dunia jurnalistik,” tuturnya.

Dalam kelas Jurnalistik, para siswa diberikan edukasi oleh Tim Tribun Timur mengenai pengetahuan dasar jurnalistik. Kemudian dilanjutkan dengan teknik pengambilan fotografi yang memiliki nilai berita.

Kegiatan pelatihan tersebut juga diselingi diskusi dalam hal teknik menulis berita, menentukan judul suatu berita serta beberapa games menarik untuk mengasah kreativitas peserta.

Kedepannya, Program CSR Petrofin Journalist Academy ini akan digelar di beberapa wilayah lainnya terutama daerah yang menjadi lokasi bisnis dan operasional Elnusa Petrofin.

Sebagai penutup di akhir kelas, siswa-siswi diberikan materi mengenai pengenalan bisnis Elnusa Petrofin dengan berbagai tanggung jawab sosial yang telah dilakukan melalui aksi Petrofin Peduli kepada masyarakat di sekitar operasi perusahaan yang tersebar di seluruh Indonesia. (rls)

Bagikan berita ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *