Raih Rekor MURI Jadi Kado Istimewa PDI Perjuangan di HUT ke-48

Raih Rekor MURI Jadi Kado Istimewa PDI Perjuangan di HUT ke-48

Foto: MURI menganugrahkan penghargaan kepada PDI Perjuangan atas pencapaian tiga rekor yang berhasil dicetak saat HUT-48 PDI Perjuangan di tahun 2021.

Penabali.com – Partai politik berlambang banteng moncong putih, PDI Perjuangan, baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-48 pada tanggal 10 Januari 2021 yang lalu. Puncak perayaannya dilakukan secara daring yang dihadiri Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Presiden Jokowi, jajaran pengurus DPP, DPD, DPC, PAC, Ranting, Anak Ranting, dan seluruh kader banteng moncong putih di seluruh Indonesia.

Pada puncak perayaannya, PDI membuat gebrakan dengan menghadirkan daring peserta terbanyak mulai tingkat DPP, DPD, DPC hingga ke anak ranting PDI Perjuangan dan menyiapkan 48 tumpeng sesuai HUT-nya tahun 2021.

Atas serangkaian kegiatan HUT ke-48 tersebut, PDI Perjuangan sukses meraih penghargaan Museum Rekor Indonesia (MURI). Penggagas MURI Jaya Suprana yang hadir secara virtual, Senin (18/01/2021) membeberkan ada tiga penghargaan MURI yang diberikan kepada PDI Perjuangan. Pertama, penghargaan kepesertaan HUT ke-48 PDIP secara daring terbanyak.

“Dengan penuh kerendahan hati saya mohon berkenan untuk dapat menganugerahkan 3 piagam penghargaan museum record Indonesia (MURI) dalam rangka HUT ke-48 dan rakernas PDIP. Satu, prosesi HUT Partai Politik secara daring peserta terbanyak, yaitu 73.367 peserta yang terdiri dari DPP, plus 34 provinsi dengan 1367 peserta. Joe Biden juga harus belajar dari kita, dari PDIP,” bebet Jaya, disela rapat DPP PDI Perjuangan bersama MURI, Senin (18/1/2021).

Penghargaan kedua, lanjut Jaya, MURI memberikan award atas kegiatan penanaman pohon terbanyak oleh anggota partai politik secara serentak di seluruh Indonesia.

“Rekor kedua, penanaman pohon terbanyak oleh anggota parpol serentak yaitu 357.975 dengan jumlah pohon 579.247 waduh, ampun saya. Yang nyebutnya saja sampai pusing ini, karena begitu banyak,” ujar Jaya.

“Jadi, ini penanaman pohon terbanyak oleh anggota partai politik secara serentak dalam merayakan hari ulang tahun,” sambungnya.

Terakhir, MURI juga memberikan penghargaan atas rekor pembagian tumpeng terbanyak saat HUT ke-48 PDIP kepada masyarakat.

“Sebagai bangsa Indonesia yang menjunjung tinggi mahakarya, kebudayaan nusantara ini, ulang tahun PDIP dilaksanakan dengan pembagian tumpeng terbanyak, DPP dan DPD seluruhnya 7.763 tumpeng. Ini semua dibagikan kepada para panti asuhan pantu jompo dan berbagai komunitas kemanusiaan,” tutur Jaya.

Nantinya, piagam MURI itu akan dikirimkan ke Kantor DPP PDI Perjuangan di Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat.

“Ini kita umumkan secara daring dulu, nanti akan dikirim tentu ke kantor pusat PDIP. Jadi, ini rekor dunia. Karena saya belum tahu bagaimana partai-partai politik di Amerika, China, maupun Rusia apalagi Jerman dan negara-negara yang lebih gede lagi itu saya belum pernah dengar kalau ada acara HUT dengan secara daring dengan peserta demikin banyak. Untuk penanaman pohon terbanyak oleh anggota partai politik terbanyak di dunia juga ini, terbanyak. Pembagian nasi tumpeng, itu khan adanya cuma di Indonesia. Dan ini pasti rekor dunia nasi tumpeng terbanyak,” pungkasnya.

Merespons hal itu, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengaku bangga dengan penghargaan MURI itu.

“Terima kasih, sebagai pengurus dari MURI Museum Rekor Indonesia saya tentu sangat bangga sekali, karena saya diberitahu Pak Sekjen, karena hari ulang tahun kita yang ke-48 itu ternyata itu mungkin diperhatikan oleh MURI, yang menurut saya, dan saya tidak menyangka bahwa hasilnya mencapai rekor MURI yang tadi telah disampaikan Pak Jaya,” ucap Megawati.

Di kesempatan yang sama Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menegaskan apa yang dilakukan kader PDI Perjuangan adalah sesuai dengan ajaran Megawati bahwa berpolitik juga termasuk memperindah alam raya Indonesia.

“Bahwa kebahagiaan manusia itu juga dalam keseimbangan manusia dengan sang pencipta, dan manusia dengan alam raya, dan manusia dengan sesama,” ujar Hasto. (red)

Bagikan berita ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *