Buleleng Punya Gerak Jalan Kocak, Sukses Kocok Perut Penonton

Buleleng (Penabali.com) – Belasan regu peserta Gerak Jalan Kocak dan Kreatif berhasil menghipnotis masyarakat di Kabupaten Buleleng yang memadati area pelepasan peserta yang dipusatkan di depan air mancur Taman Kota Singaraja, Kamis (11/8/2022).

Bukan hanya penampilan kostum para peserta yang menjadi pusat perhatian, namun atraksi yang ditunjukkan masing-masing peserta sangat menghibur para penonton.

Gerak Jalan Kocak ini merupakan salah satu rangkaian acara menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77. Kendati selama 2 tahun vakum karena Covid-19, namun Gerak Jalan Kocak tetap menjadi tontonan yang selalu dinantikan masyarakat Buleleng.

Terdapat 15 regu peserta yang ambil bagian. Mulai dari lansia, pelajar, hingga pegawai lingkup Pemkab Buleleng yang secara bergantian menampilkan kreatifitas yang telah disiapkan dihadapan penonton.

Acara ini juga disaksikan langsung Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana bersama istri, I Gusti Ayu Aries Sujati. Hadir pula Wakil Bupati Buleleng dr. I Nyoman Sutjidra, Sp.OG., dan Sekda Buleleng Drs. Gede Suyasa, M.Pd., FKPD Buleleng, dan Pimpinan SKPD lingkup Pemkab Buleleng.

Bupati Suradnyana mengaku sangat menikmati pertunjukan ini. Menurutnya, kreatifitas yang ditunjukan para peserta sangat menghibur.

“Mungkin Gerak Jalan Kocak dan Kreatif ini satu-satunya di Bali, tentunya sangat menghibur,” ucapnya.

Bupati Suradnyana tertawa menyaksikan penampilan tiap peserta Gerak Jalan Kocak ini. (foto: ist.)

Selain itu, Bupati Suradnyana mengatakan, Gerak Jalan Kocak ini sudah dimulai sejak bertahun-tahun lalu, dan selalu menjadi daya tarik masyarakat Buleleng pada perayaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Ini selalu dinanti masyarakat Buleleng, karena kreatifitasnya sangat menghibur,” imbuhnya.

Bupati berharap, kedepannya jika pandemi usai, antusias masyarakat bisa lebih meriah lagi untuk menyaksikan setiap pertunjukan yang disuguhkan Pemkab Buleleng dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Sekarang ini masih di situasi pandemi, saya berharap nanti jika pandemi sudah berakhir walupun saya sudah tidak menjabat lagi, pertunjukan seperti ini tetap ada dan pesertanya bisa lebih banyak, karena ini salah satu hiburan untuk masyarakat,” harapnya.

Di sisi lain, ketika ditanya terkait kriteria penilaian, juri Gerak Jalan Kocak Made Adnyana Ole menjelaskan, penilaian kali ini ditekankan pada kreatifitas dan kocak.

“Namun peserta tidak boleh mengenyampingkan gerakan-gerakan gerak jalan. Mereka harus bisa mengeksplorasi gerakan sehingga menciptakan kreatifitas dan juga jenaka,” jelasnya.

Rute untuk Gerak Jalan Kocak dan Kreatif kali ini, memiliki 3 titik atraksi. Yang pertama berada di depan kolam air mancur Taman Kota Singaraja, lalu peserta berjalan menuju titik kedua yang berada di depan Gedung Pramuka Jalan Pramuka, lalu finish di kawasan eks Pelabuhan Buleleng. (rls)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *