Diskominfosanti Buleleng Buka Posko Siaga dan Siapkan Tenaga Teknis Jaringan di Kecamatan

Singaraja (penabali.com) – Pemerintah Kabupaten Buleleng, melalui Dinas Kominfosanti Kabupaten Buleleng berkomitmen menyukseskan gelaran Pemilu tahun 2024 pada tanggal 14 Februari kali ini. Dinas Kominfosanti memastikan seluruh TPS memiliki akses internet yang stabil, membuka posko siaga dan penempatan tenaga teknis jaringan di setiap kecamatan.

Hal itu, disampingkan langsung oleh Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Kominfosanti) Kabupaten Buleleng, Ketut Suwarmawan dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Layanan dan Penggunaan Internet pada TPS di Buleleng, Senin, (12/2), di Ruang Buleleng Command Center (BCC) Dinas Kominfosanti Buleleng.

Kadis Suwarmawan mengaku telah melakukan langkah sigap menyikapi beberapa laporan terkait jaringan internet yang lemah pada lokasi TPS di masing-masing kecamatan dengan mengerahkan tenaga teknis langsung ke titik lokasi laporan. Aksi cepat tanggap itu dilakukan sebagai wujud komitmen Pemkab Buleleng dalam mensukseskan gelaran Pemilu tahun 2024. “Kami melakukan optimalisasi terhadap jaringan internet yang dilaporkan lemah pada beberapa TPS di 3 kecamatan di Buleleng. Tidak ada blank spot di Buleleng, hanya saja sinyal atau kekuatan internet yang lemah. Kami terus bergerak untuk menjamin kualitas internet tetap stabil,” tegasnya.

Upaya optimalisasi kualitas internet pada TPS di 3 kecamatan yakni Kecamatan Tejakula, Kecamatan Banjar dan Kecamatan Busungbiu dilakukan melalui penambahan perangkat modem untuk menguatkan sinyal internet dan juga memanfaatkan jaringan wifi yang terpasang di rumah warga. Khusus untuk TPS yang ada di Desa Madenan hari ini masih berlangsung penggelaran kabel internet dan dipastikan internet aktif hari ini.

Ditambahkan, pada TPS yang memanfaatkan gedung sekolah, Kadis Suwarmawan mengaku telah melakukan koordinasi kepada pihak Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Buleleng untuk memastikan agar kualitas internet dalam pelaksanaan tanggal 14 Februari nanti tetap stabil.“Kami masih terus bergerak melakukan optimalisasi jaringan internet terutama pada TPS di tiga kecamatan itu. Hari ini kami juga akan meluncur langsung ke Desa Pegayaman tepatnya di TPS 14 yang berada di pelosok untuk melakukan monitoring dan optimalisasi. Ini baru saja kami menerima laporan,” pungkasnya.(ika)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *