FKH Unud Susun Roadmap Penelitian dan Pengabdian, Jawab Tantangan Dunia Veteriner

FKH Unud Susun Roadmap Penelitian dan Pengabdian, Jawab Tantangan Dunia Veteriner

FKH Unud adakan Workshop Penyusunan Roadmap Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. (foto: ist.)

(Penabali.com) – Pada Jumat (24/06/2022), Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana bersama para mitra, stakeholder, dan civitas akademika mengadakan Workshop Penyusunan Roadmap Penelitian dan Pengabdian Masyarakat.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menemukan bentuk Penelitian dan Pengabdian Masyarakat FKH Unud yang dapat menjawab tantangan global dalam dunia veteriner,” ungkap drh. Tri Komala Sari selaku Ketua Panitia Kegiatan saat memberikan sambutan.

Prof. Dr. drh. I Nyoman Suartha, M.Si., selaku Dekan Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana, bertemu melalui daring tak meninggalkan makna dari kegiatan yang diadakan. Workshop ini diharapkan dapat membantu FKH Udayana merumuskan riset-riset apa yang harus dilakukan, sehingga dapat memecahkan permasalahan yang ada dalam dunia veteriner.

Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Udayana (LPPM Unud) pun turut hadir dan membuka jalannya acara.

“Adanya workshop ini diharapkan dapat mengacu pada rencana penelitian universitas tahun 2021-2025 dan nantinya hasil dari penelitian dan pengabdian yang dilakukan dapat memenuhi IKU (Indikator Kinerja Utama) baik fakultas maupun universitas,” ungkapnya.

Setelah acara resmi dibuka, kegiatan pun dilanjutkan dengan penyampaian ide atau topik penelitian dan pengabdian masyarakat dari para pembicara yang tentunya memiliki latar belakang beragam.

Adapun pembicara yang turut hadir, yaitu Professor Guy. H. Palmer selaku Senior Director of Global Health Washington State University USA, Khrisna Putera, B.SC, M.Sc., selaku Head of New Line Business Vaksindo Satwa Nusantara, drh. Arini Nurhandayani, M.M., selaku Factori Manager Produk Biologik Sanbio Laboratories, dan perwakilan dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam Bali.

Adanya koordinasi yang baik antara pihak FKH Unud dengan para undangan membuat kegiatan ini menjadi agenda yang koloboratif dan batu loncatan untuk terus bekerja sama. Hal baik dari kegiatan ini tak hanya dirasakan panitia ataupun undangan saja. Para mahasiswa semester 6 FKH Unud yang hadir pun dapat merasakan manfaatnya.

“Mengikuti kegiatan ini dapat membuka pemikiran saya akan penelitian dan pengabdian masyarakat yang dapat dilakukan karena sangat menarik melihat para dosen dan pemateri dapat sharing ilmu saat sesi diskusi,” ungkap Ni Komang Wahyu Centika Sari, salah seorang mahasiswa semester 6 yang turut hadir.

Hal ini dibuktikan dengan sesi diskusi yang selalu aktif pada setiap materi. Dr. drh. I Gusti Ayu Agung Suartini, M.S., salah seorang Dosen FKH Unud pun turut serta dalam diskusi dengan pemateri dari Vaksindo Satwa Nusantara. Keduanya membahas mengenai teknologi yang dapat ataupun sudah dilakukan oleh Vaksindo dalam menggantikan penggunaan antibiotik.

Tentu saja Workshop Penyusunan Roadmap Penelitian dan Pengabdian Masyarakat ini tak berhenti sampai disini. drh. Tri Komala Sari selaku Ketua Kegiatan menyampaikan bahwa akan segera diadakan Forum Discussion Group (FGD) secara luring di Ruang Sidang Fakultas Kedokteran Hewan Udayana. Keberlanjutan yang akan dilakukan ini tentu saja diharapkan dapat menjadi awalan baik untuk terus menjalankan apa yang menjadi Tri Dharma Perguruan Tinggi, juga, diharapkan dapat menjadi awal kolaborasi antara seluruh civitas akademika FKH Unud dalam menghasilkan luaran penelitian yang bermanfaat.

“Semoga dapat diadakan riset skala besar yang melibatkan dosen dan mahasiswa FKH Unud, sehingga dapat dilakukan koleksi data. Nantinya, output yang dikeluarkan pun dapat dipublikasikan dan bermanfaat bagi masyarakat,” ungkap drh. Romy Muhammad Dary Mufa, S.KH., selaku Dosen FKH Unud yang hadir dalam workshop ini. (rls)

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas1256-Tri-Dharma-Perguruan-Tinggi-FKH-Unud-Adakan-Kegiatan-Workshop-Penyusunan-Roadmap-Penelitian-dan-Pengabdian-Masyarakat.html

Bagikan berita ini...

Leave a Reply

Your email address will not be published.